Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About Cakyus

Media belajar menulis dan digital marketing seperti SEO dan Social Media Management

Membahas Perbedaan SEM dan SEO

Sebuah bisnis pastinya ingin namanya bisa tampil di halaman Google bahkan kalau bisa dengan keyword tertentu, website ataupun blog bisa muncul sehingga bisa ada transaksi didalamnya dan minimal pembaca bisa tau, "Oh ternyata disini tuh menawarkan jasa ini lho", atau "disini lo ada jual produk A dengan murah".

Intinya begitu. Nah, ada dua hal yang bisa digunakan supaya halaman kita muncul di Google, yaitu dengan menerapkan SEO dan juga SEM. Apa itu dan apa juga perbedaan keduanya? Yuk kita bahas singkat bersama-sama disini.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau SEO adalah cara atau metode untuk optimasi sebuah website atau blog supaya bisa muncul di hasil pencarian mesin pencari (seperti Google, Bing, dll)  yang paling atas (Page One). 

Keuntungan utama dari SEO ini mendapatkan trafik langsung dari Google seacara organik (gratis).

Pengertian SEM

Search Engine Marketing atau SEM itu juga hampir sama dengan SEO, perbedaanya adalah dengan masalah berbayar. Artinya, SEM ini adalah kita pasang iklan ke Google supaya bisa muncul di pencarian dengan segmentasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Tujuannya : untuk promosi dan mendapatkan konversi.

Perbedaan SEO dan SEM

Kemudian, setelah memahami secara singkat diatas tentang SEM dan SEO, apa sih perbedaan keduanya sehingga kita bisa memilih harus pakai strategi mana sih buat bisnis kita itu.

Terdapat Tanda  "Ads" atau "Iklan"

1. Perbedaan SEO dan SEM

Dari gambar diatas dapat dipahami bahwa, ketika kamu misal mencari di pencarian google dengan kalimat "Beli Domain" maka akan muncul hasil di Google seperti diatas. Untuk yang ada tulisan "Iklan" artinya itu SEM sedangkan yang tidak ada tulisan iklan itu SEO.

Apabila kamu klik link yang ada tulisan IKLAN, maka pihak pemasang iklan akan membayar itu kepada Google sedangkan jika kamu klik link yang TIDAK ada tulisan iklan, maka tidak akan dikenakan biaya (gratis).

SEM Berbayar dan SEO Gratis

Kedua, sudah dibahas diatas. Contoh menggunakan gambar diatas saja ya. Maksudnya adalah, apabila kamu klik link yang ada tulisan iklan atau ADS, maka si pemasang iklan harus bayar itu. Biasanya memang pemasang iklan menginginkan konversi (pembelian produk) di websitenya.

Dilain sisi, jika website dikelola dengan baik maka SEO manjadi sangat menjanjikan, dimana contoh diatas "Niagahoster" tanpa perlu masang iklan sudah muncul di halaman pertama Google dan rankingnya paling atas.

SEM Jangka Pendek dan SEO Jangka Panjang

Ketiga, dari segi pengelolaan, SEM biasanya untuk target jangka pendek dimana untuk mendorong penjualan sebuah produk. Paling sering sih untuk target penjualan yang terkait promo yang memiliki jangka waktu.

Jika mengandalkan SEO maka akan sangat berat karena sudah kalah dengan kompetitor yang ranking pertama. Namun, inilah manfaat SEM sebenarnya. Jika bisa memanajemen dengan baik, SEM ini bisa mendorong SEO websitemu dalam jangka panjang.

SEO membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa muncul di ranking pertama dan butuh perawatan yang membutuhkan kerajinan. Mulai dari manajemen konten, riset keyword sesuai trend, dan backlink yang sangat baik juga supaya tidak digolongkan sebagai web spam.

SEM sekali pasang 1-2 hari bisa langsung muncul di Google, sedangkan SEO harus nunggu berbulan-bulan untuk bisa muncul (jika emang bisa bersaing dengan baik).

Target Audiens

Dengan SEM, pemasang iklan bisa melakukan pengaturan target audiens yang detail dan tertarget dengan baik dengan bantuan database Google. Mulai dari mau target lokasi dimana, untuk mereka yang suka apa saja, dan bahkan sampai usia/jenis kelamin dari target yang disasar.

SEO : Potensi CTR Tinggi 

Berdasarkan informasi dari AWR, website yang muncul di peringkat 1 - 3 memiliki CTR (persentase klik) yang lebih besar daripada SEM (iklan). Namun, apabila sudah lebih dari itu SEM masih lebih baik.

Kenapa demikian? biasanya orang membca itu hanya screening. Jika dalam halaman pertama sudah tidak ada yang sesuai dengan pencariannya maka akan mencari dengan Keyword lain. Biasanya mereka hanya klik dari ranking 1-3, jika konten tidak sesuai mereka akan merasa tidak puas.

Nah inilah, SEO butuh perawatan yang ekstra supaya tetap bertahan di peringkat pertama dan up to date. Kalau bounce rate terlalu tinggi maka peringkat juga akan semakin turun.

Artikel Pendukung : Membuat URL yang SEO Friendly Blogger dan Wordpress

Bagaimana? kamu sudah paham dengan penjelasan diatas? yuk. Apa pilihamu sekarang nih, SEO atau SEM?


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Membahas Perbedaan SEM dan SEO"