Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About Cakyus

Media belajar menulis dan digital marketing seperti SEO dan Social Media Management

Apa Isi Dari Sebuah Konten yang Berkualitas?

Apa Isi Dari Sebuah Konten yang Berkualitas?

Banyak sekali konten yang tersebar di dunia maya sehingga kadang juga bingung bagaimana sih sebenarnya isi dari sebuah konten yang berkualitas itu? Tujuannya supaya konten dapat menjangkau viewer yang sesuai dan menjadi nilai tambah bagi pembaca.

Pengertian Konten

Menurut Wikipedia, konten media merupakan berbagai segala bentuk konten atau isi dalam sebuah media di dunia teknologi bisa dalam bentuk blog, wiki, forum diskusi, chatting, tweet, podcasting, dan sebagainya yang bisa muncul di media massa ataupun media sosial.

Jenis-Jenis Konten

Banyak banget jenis dari konten tersebut. Namun, tujuan konten selain memberikan informasi juga harus bermanfaat dan berkualitas. Banyak hal yang menyebabkan konten dikatakan berkualitas. Oh iya, ini ada 11 jenis konten yang tersebar dan bisa kamu manfaatkan untuk content marketing.

  1. Podcast
  2. Konten yang Dihasilkan Pengguna  (User Generated Content)
  3. Livestreams 
  4. Infografis
  5. Konten VR 
  6. Webinars 
  7. Testimonial Klien 
  8. e-Book 
  9. Panduan/Tutorial
  10. Berita (News)
  11. Majalah

Ciri Konten yang Berkualitas

Baik Gak Selalu Panjang

Konten yang panjang belum tentu berkualitas. Masih banyak banget yang menghubungkan bahwa konten yang berkualitas harus panjang dan antara 1000-1500 kata. Nyatanya tidak.

Konten yang baik yang penting adalah memiliki penjelasan yang padat namun jelas dan detail. Detail disini bukan harus bertele-tele dan mengulang-ngulang. Namun, lebih kepada penyampaian yang mudah dipahami dan pembaca mau membacanya sampai selesai.

Fokus Kepada Isi yang Dibahas

Fokuslah pada isi yang harus dibahas apa saja dan mau menjelaskan apa saja sih. Kemudian, tulislah dengan objektif. Untuk memudahkan itu, ada tips singkat biar tulisanmu bagus dan pastinya bisa merangkum semua yang diperlukan oleh pembaca.

  1. Tentukan judul utama mau menulis apa sih.
  2. Cari referensi yang mirip dengan ide tulisanmu.
  3. Buatlah daftar isi ( kira-kira mau bahas berapa sub-bab ya). Dengan begitu, tulisanmu akan lebih rapi dan terarah.
  4. Isilah dengan data/hasil dari publikasi ilmiah.

Unik

Paling terakhir adalah UNIK. Kenapa unik? hal ini ada beberapa hal. Pertama, unik dalam hal bahasan yang akan kamu ulas lebih lengkap dengan gaya bahasamu sendiri. Kedua, tema atau bahasan yang berbeda dengan yang secara umum sudah ada.

Tau kan channel Kok Bisa? yaps, mereka membawakan tema yang unik dan bahkan tidak semua orang bisa membuat konten youtube seperti itu.

Atau misalkan dulu ada instagram dari Jouska, dimana pembawaannya adalah selalu menjadi pemberi saran (konsultan) tentang manajemen keuangan yang baik dan expert. Bahkan, kadang kontennya bisa membuat orang muncul reaksi suka dan marah.

Misalkan, "dana untuk pernikahan itu minimal 200 Juta" atau mungkin "Gaji 5 Juta perbulan gak cukup buat Sekolah Anak SD jaman sekarang".

Baca juga : Cara Mencari Ide Konten Instagram

Nah, mungkin itu saja singkatnya semoga bermanfaat. Untuk masalah konten-konten akan dibahas pada artikel-artikel lainnya.


Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Apa Isi Dari Sebuah Konten yang Berkualitas?"