Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About Cakyus

Media belajar menulis dan digital marketing seperti SEO dan Social Media Management

Cara Mencari Ide untuk Konten Media Sosial Instagram

Cara Mencari Ide untuk Konten Mediaa Sosial Instagram

Artikel ini membahas bagaimana cara mencari ide untuk membuat konten media sosial seperti Instagram, Youtube, atau mungkin bahkan artikel blog.

Kamu sering banget dong pastinya selalu memikirkan bagaimana cara membuat konten instagram atau media sosial lainnya biar viral. Sampai-sampai kamu malah lupa diri merasa kehabisan ide konten. 

Awal-awal membuat konten sih biasanya masih aman karena emang banyak yang perlu dibahas dan ada di otak. Namun, seiring berjalannya waktu, konten tersebut juga akan habis di otak kita (apa yang kita pikirkan saja). Oke, kita bahas langsung tanpa berlama-lama intro ya.

Untuk memudahkan pembahasan, contoh studi kasusnya adalah "Makanan Kucing" saja ya.

Lihat Daftar Isi Wikipedia 

Cara paling mudah yang pertama adalah dengan melihat informasi apa yang sangat umum ditanyakan oleh seseorang untuk pertama kalinya memelihara kucing. Biasanya informasi umum ini dirangkum dalam WIKIPEDIA atau ada juga di WIKIHOW ya.

Lihat Daftar Isi Wikipedia - Konten Instagram

Nah, jika kamu cerdik, harusnya kamu fokus dulu di daftar isi. Kenapa? karena disana ada banyak hal yang bakal kamu tau dan bisa kamu jadikan konten lo. Lihat saja contoh pada gambar diatas. Kamu bisa bahas mulai dari makanan kering, makanan basah, kebutuhan energi kucing, penyakit yang muncul, gizi, dan banyak lagi.

Ini baru yang dibahas adalah sub saja ya. Artinya, misalkan kamu ambil penyakit pada kucing, maka kamu bisa turunkan menjadi alergi yang sering dialami kucing, atau sebera sering harus membersikan kandang kucing untuk kucing anggora, dan sebagainya.

Bagaimana? luas banget kan. Jadi, gak ada kata kehabisan konten harusnya. Oke, kita lanjut juga untuk cara kedua.

Kategori di e-commerce

Nah, cara kedua dan masih berkaitan dengan kategori atau daftar isi. Coba kamu cari di google tentang "Makanan Kucing" dan klik yang e-commerce ya :seperti tokopedia, shopee, dan lebih baiknya lagi yang khusus jualan pakan hewan.

kategori-ecommerce-ide-konten sosial media

Setelah itu, kita ambil contoh untuk yang tokopedia. Setelah kita klik, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Cara Mencari Ide untuk IG

Perhatikan pada kotak yang bewarna merah. Nah, disana ada kategori dan sub kategori. Dengan melihat ini saja, kamu bisa mengembangkan kontenmu tentang apa saja snack kucing itu, obat dan vitamin, dan juga mainan kucing. 

Mainan? kan gak ada hubungannya.

Semakin kamu tau seluruh tentang kucing, maka kamu dianggap ahli (expert) dibidang tersebut dan kamu juga bisa dijadikan konsultan lho oleh para pemilik kucing kalau kamu mau memahaminya. Lanjut ya ke poin nomor tiga.

QnA Google dan Instagram

a. Tanya Jawab Google

Nah, paling mudah selanjutnya yaitu dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh konsumen di kolom "Tanya Jawab" yang telah disediakan oleh Google. 

Biasanya akan muncul buat usaha yang sudah mendaftarkan dirinya di Google MyBusiness. Jika, belum kamu bisa melihat di kolom tanya jawab kompetitormu kok.

Apabila kamu pengen mendaftar, bisa ikuti tutoral ini : Cara Membuat Google My Business untuk Usahamu

QnA Instagram dan Google Maps

Disana, kamu catat masalah yang banyak ditanyakan dan kamu kasih solusinya dengan membuat konten di media sosialmu. Pasti mengedukasi dan juga sangat insightfull. 

b. QnA Instagram

Instagram sudah ada fitur yang namanya QnA lho. Pastikan kamu manfaatkan fitur ini di storymu ya. Sering-sering ngadain konsultasi yang langsung bisa interaksi dengan konsumen. Nanti, kamu bakal tau masalah apa yang meraka hadapi dalam merawat kucing.

Google Suggest

Cara keempat ini pasti sering kamu pakai namun kamu luput untuk memanfaatkannya. Kamu pasti sering kan melihat tampilan seperti dibawah ini/.

Cara Mencari Ide konten instagram

Nah, perhatikan yang dilingkari merah itu. Kamu bisa menggunakan rekomendasi yang diberikan oleh google untuk membuat konten. Oh iya, contoh diatas masih menggunakan short tail keyword ya. Coba kamu ketikkan yang lebih panjang pasti nanti akan ada rekomendasi yang lebih spesifik.

Google itu dirancang memahami kebutuhan konsumen. Hal yang direkomendasikan artinya juga paling sering dicari di Google. Kalau kamu bisa buat konten yang ramai di Google ini pasti juga ramai di media sosialmu.

Penelurusan Terkait

Cara terakhir adalah dengan melihat penelusuran terkait. Artinya, para pengguna google juga mencari pencarian dibawah ini selain mencari "makanan kucing". Kamu bisa nih, mulai riset ini. Pasti bakal banyak banget konten yang bisa kamu buat.

Cara Mencari Ide untuk Konten Mediaa Sosial Instagram

Jenis Konten yang Viral

Setelah mengetahui cara mencari ide, yuk langsung lanjut pahami jenis konten yang baik untuk content marketing. Silakan pahami penjelasan detailnya di : 4 Jenis Konten Paling Efektif untuk Marketing

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Mencari Ide untuk Konten Media Sosial Instagram"