Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About Cakyus

Media belajar menulis dan digital marketing seperti SEO dan Social Media Management

Cara Membuat URL SEO Friendly Blogspot dan Wordpress

Cara Membuat URL SEO Friendly Blogspot dan Wordpress

Cakyus.com - Kamu pasti sering banget menemukan kata-kata URL kan, sebenarnya apa sih pengertian URL serta bagaimana cara membuat URL yang baik untuk blog atau website supaya bisa SEO Friendly dan ramah di pencarian Google.

Kita mulai dulu dari pengertiannya dulu aja ya, sebenarnya apa sih URL itu?

Apa itu URL?

URL (Uniform Resource Locator), yaitu sebutan lain dari alamat website. URL ini berfungsi untuk membawamu ke sebuah website spesifik yang ingin dituju.Seringkan mengetikkan alamat www.namadomain.com atau kalau ada promo, silakan ketik jd.id/promo-juni. Nah, itu lah yang dinamakan dengan URL ya.

Struktur URL

Setelah mengenal pengertian dan fungsi URL, kita akan bahas singkat dulu tentang apa aja sih yang ada dalam sebuah URL. Nanti lebih lengkapnya bisa dibaca pada artikel lain ya.

1. Scheme

Scheme merupakan bagian yang mengawali sebuah URL. Komponen ini menunjukkan fungsi spesifik atau hal spesifik yang bisa dilakukan di dalam sebuah website.

Scheme URL

Scheme yang paling umum digunakan saat ini adalah HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure. Sebenarnya masih banyak lagi tetapi banyak juga yang tidak terdaftar resmi ya. Nah, HTPPS ini salah satu faktor untuk meningkatkan SEO, karena website/blog kamu dianggap aman (secure) terhadap data-data pengunjung

2. Sub Domain

Sub domain ini biasanya bisa dikatakan sebagai anak dari domain ya. Mudahnya, biar beberapa halaman atau website bisa terpisah dan berdiri sendiri-sendiri. Pembuatan sub domain ini tergantung keperluan. 

Biasanya yang menggunakan sub-domain ini apabila sudah banyak banget halaman, post, dan juga bagian-bagian sehingga kalau dijadikan satu akan membuat susah manajemennya serta URL kamu bisa menjadi panjang banget.


Sub Domain

3. Second-Level Domain

Disinilah nama brandmu akan muncul. Second-level domain (SLD) adalah alias untuk nama website dan bagian dari domain. Dengan ini, kamu bisa tau sedang mengunjungi rumahnya siapa sih.


Second Level Domain

4. Top-Level Domain

Ekstensi ini menjelaskan jenis organisasi yang memiliki website. Contohnya antara lain : .com, .org, .net., .id, atau lainnya.


Top-Level Domain

5. Sub Directory

Sub directory ini adalah alamat khusus yang merujuk pada halaman khusus. Bisa mudah dipahami dengan "kamar/ruangan" khusus. Setiap ruangan kan punya nomor dan lokasi masing-masing, nah ini juga sebagai pembeda satu halaman dengan halaman lain dalam satu domain.


Sub Directory

Membuat URL SEO Friendly Blogspot atau Blogger

Kemudian, bagaimana cara membuat susunan atau urutan alamat yang benar dan sangat direkomendasikan untuk URL Blog blogspot ? berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Membeli Domain

Belilah domain .com, .net atau lainnya yang intinya adalah blogmu bersifat profesional dan nantinya juga supaya lebih dikenal masyarakat. Murah kok, paling cuma 150.000/tahun saja. Anggap saja ini sebagai investasi supaya semakin fokus mengurus sebuah blog.

2. Gunakan Permalink Manual

Bagaimana maksudnya permalink blogspot manual ini?. Nah silakan kamu buka bloggermu, kemudian buat postingan. Kemudian cek sebelah kanan ada menu "Permalink". Kemudian klik saja dan pilih permalink khusus.

permalink-blogspot-seo-friendly

3. Gunakan 3 sampai 5 kata

Dalam membuat alamat URL, pastikan jangan terlalu panjang ya. Pastikan untuk memasukkan antara 3 sampai 5 kata saja. Paling banyak 7 kata (tidak direkomendasikan). Hal ini supaya artikel kita bisa muncul sesuai dengan target keyword yang telah kita sasar sebelumnya.

Gunakan 3 sampai 5 kata

Biasanya kalau untuk blog yang baru dibuat, sebaiknya menggunakan alamat url yang panjang 5 - 7 kata. Namun, bila blogmu sudah mulai muncul di Google dan dapat ranking di page one, mulailah untuk membuat link yang pendek ya.

4. Masukkan Keyword

Masukkan keyword sasarnamu kedalam URL artikelmu. Misalkan contoh kamu pengen menyasar pengunjung yang mencari artikel tentang "membuat blog gratis", kamu bisa menggunakan URL seperti berikut.

  • www.domainmu.com/2021/06/cara-membuat-blog-gratis-blogspot.html
  • www.domainmu.com/2021/06/panduan-membuat-blog-gratis-pemula.html
  • www.domainmu.com/2021/06/tutorial-cara-membuat-blog-gratis-blogspot.html

5. Jangan gunakan tahun di alamat URL

Peraturan ini pengecualian untuk web portal berita ya. Memang portal berita biasanya mengejar tayang cepat sehingga URL dengan dicantumkan nama tahun lebih baik. Namun, untuk blog yang artikelnya diharapkan bisa menghasilkan trafik sepanjang tahun, jangan gunakan tahun.

Contoh yang tidak direkomendasikan

  • www.domainmu.com/2021/06/cara-membuat-blog-gratis-terbaru-2021.html
Direkomendasikan
  • www.domainmu.com/2021/06/cara-membuat-blog-gratis-blogspot.html

Tujuannya :supaya artikel bisa dilakukan update untuk tahun-tahun depannya dan tidak perlu membuat artikel baru. Posisi di SERP Google juga akan lebih anteng.

Oke, untuk blogger mungkin itu saja ya. Lanjut untuk pengaturan di wordpress

Membuat URL SEO Friendly Wordpress

Pada intinya adalah masih sama seperti pada blogger diatas ya. Urutannya sebagai berikut.

  1. Atur permalink
  2. Tulis permalink manual
  3. Gunakan 3-5 kata
  4. Masukkan keyword di URL
  5. Jangan masukkan tahun

Yang perlu diperhatikan adalah cara mengatur permalinknya. Berikut ini tutorialnya jika masih ada yang bingung.

1. Buka akun wordpressmu. Klik menu Setting dan kemudian klik permalinks

Mengatur Permalink Wordpress SEO Friendly 2021

2. Silakan pilih setting "Post Name" yang nanti struktur URL-nya https://domainada.id/sample-post/

Mengatur Permalink Wordpress SEO Friendly 2021


3. Selesai

Nah, nanti ketika mau post artikel, silakan tulis secara manual ya. Bisa menggunakan YOAST SEO atau manual di pengaturan post dari wordpressnya.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Cara Membuat URL SEO Friendly Blogspot dan Wordpress"