Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tools untuk Mencari Ide Konten Instagram

7 Tools untuk Mencari Ide Konten Instagram
Artikel ini membahas tentang tools atau alat yang dapat digunakan untuk membantu mencari ide konten baik media sosial ataupun konten lainnya untuk tujuan digital marekting pastinya.

Siapa disini yang sering stuck untuk memikirkan konten yang cocok untuk bisnis yang sedang ditangani? pasti kamu yang sedang baca artikel ini kan hehe.

Ya, normal sih. Biasanya untuk awal-awal konten-konten dapat banyak ditemukan dan mudah dibuat. Namun, ketika sudah banyak sekali konten yang sudah di produksi, akhirnya kita merasa kehabisan bahan yang bisa dibuat konten. Betul kan?

Nah, disini Cak Yus mau bagiin sedikit tools yang bisa kalian manfaatkan untuk research ide konten yang bisa dikembangkan serta sangat up to date terhadap perkembangan zaman pastinya.

Sebelum mengenal tool yang digunakan, kalian harus menentapkan dulu mau membuat konten dengan jenis apa. Jika bingung bisa baca dulu 4 Jenis Konten yang Efektif Digital Marketing

Buzzsumo

Buzzsumo adalah alat yang dapat untuk menganalisis seberapa baik kinerja kontenmu di media sosial. Namun, tidak hanya berguna untuk memeriksa kinerja kontenmu sendiri, juga dapat menganalisis konten yang dimiliki pesaing bisnismu.

Tool ini juga dapat membantumu untuk mencari tahu konten yang memiliki performa yang baik di dunia maya. Selain itu, juga ada rekomendasi konten yang sedang viral di dunia maya yang sesuai dengan topik yang kamu cari serta seberapa banyak audiens yang berinterkasi didalamnya.

Google Trends

Butuh konten yang sedang banyak dibicarakan saat ini dan relevan dengan bisnismu? bisa banget pakai tool ini. Google Trends adalah tool yang memberikanmu rekomendasi konten yang sedang banyak dicari baik dalam waktu dekat terkahir atau bahkan sampai satu tahun terakhir lho.

Google Trends untuk Instagram

Selain itu, dibagian bawah juga ditampilkan kata kunci yang sering diketikkan di Google terkait dengan kata "SEO" (contoh). Untuk mencobanya, bisa langsung kunjungi Google Trends

Oh iya, saya juga sudah membuat tutorial cara menggunakan dan memanfaatkan Google trends ini, bisa baca Menggunakan dan Membaca Google Trends

Answer The Public

Answer the Public adalah salah satu alat yang dapat kalian gunakan untuk riset kata kunci dan ide konten dengan menerapkan format 5W + 1 H. Tool ini juga bersifat gratis kok jadi aman ya.

Answer the Public

Nah nanti hasilnya dapat berupa saran-saran kata kunci yang bisa dijadikan konten serta dapat juga datanya di download kedalam bentuk CSV.

Answer the public

Quora

Quora merupakan platform yang diciptakan sebagai wadah orang untuk saling bertanya dan menjawab di media sosial. Nah, apabila kamu aktif disana sesuai dengan niche bisnismu, nanti bakal ada ide-ide baru yang ditemukan dari sana.

Banyak banget percakapan yang bahkan mungkin bagi kita biasa aja tetapi orang menganggap bahwa hal sepele tersebut menjadi masalah. Nah, itu udah bisa dijadikan konten lagi kan. Atau mungkin pemikiran-pemikiran diluar nalar kita yang aneh tp malah terlihat berlogika. 

Ubersuggest & Google Keyword Planner Tools

Keduanya ini merupakan alat yang digunakan untuk melihat dan mencari keyword yang sering digunakan oleh orang-orang ketika mencari di internet ya. Nah, disini enaknya sudah diberikan saran dalam bentuk long tail keyword dan juga berapa jumlah (volume) yang mencarinya.

Jadi, kita bisa estimasi mana yang bakal bisa jadi trending atau viral dan mana yang biasa-biasa aja.

Instagram

Kenapa instagram? ya karena di instagram mempunyai fitur yang namanya instastory ya. Disana sudah disediakan fitur Question dan juga Polling. Nah, manfaatkan ini untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen kalian ya. Selain meningkatkan engagement juga bisa menjadi pemasukan ide konten kan.

Nah, mungkin itu aja sih yang bisa Cak Yus bagikan. Walaupun hanya penjelasan singkat nantinya bisa di explore sendiri ya untuk memperdalam setiap alat yang digunakan. Semua hanya alat, tetap kreatifitas adalah pada diri kalian sendiri.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "7 Tools untuk Mencari Ide Konten Instagram"