Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Supaya Postingan Instagram Sering Muncul di Beranda

Cara Supaya Postingan Instagram Sering Muncul di Beranda

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat digemari dan mungkin paling banyak digunakan di Indonesia selain Facebook. Padahal ya instagram sekarang juga milik Facebook ya.

Manafaat utama dari Instagram sebenarnya sebagai galeri online kita sehingga bisa dilihat oleh orang lain (baik hanya teman dekat atau publik). Namun, semakin kesini banyak juga yang berinisiatif dan menjadikan Instagram sebagai salah satu kanal untuk mengenalkan sesuai (baik kita atau produk kita.

Pastinya tau dong namanya personal branding  dan juga awareness?

Sekarang memang kebanyakan Instagram dibuat untuk mengenalkan diri kita kepada kalayak umum bahwa kita ini bisa ini, dan ahli disini lho. Selain itu juga, banyak perusahaan khususnya perusahaan dibidang jasa yang menggunakannya sebagai ajang untuk membangun kepercayaan.

Masalah yang sering ditanyakan terkait untuk masalah bisnis atau yang pengen dilihat banyak orang itu adalah bagaimana sih caranya supaya postingan instagram kita bisa sering muncul di beranda follower atau teman kita? Oke akan kita bahas secara singkat dan padat ya.

Algoritma Instagram Secara Umum

Untuk memahaminya, kita perlu memahami algoritma yang digunakan Instagram bagaiamana suatu postingan bisa menyebar luas di beranda teman dan bahkan bisa muncul di explore atau pencarian Instagramnya.

Masalahnya adalah memang algoritma selalu berubah dan pihak Instagram sendiri tidak menjelaskan secara terang-terangan tentang ini. Akan tetapi, kita bisa baca-baca dari yang sudah pengalaman dan mengamati pergerakan algoritma ini.

Pada intinya adalah ada 2 hal sebagai berikut.

A. Reaksi 10% Follower Total

Jadi, ketika kita posting sebuah gambar di Instagram, nantinya instagram akan membagikan postingan kalian tersebut di beranda 10% follower kalian.

Apabila reaksi 10% follower kalian yang melihat kalian tadi tertarik dan banyak sekali bahkan semuanya melakukan like, share, comment ataupun save postingan kamu, maka postingan kamu dianggap menarik dan ada potensi bisa disebarkan lebih luas lagi.

Inilah yang perlu diperhatikan yaitu harus membuat first impression yang baik kepada viewer

B. Masuk Explore

Apabila dari 10% kalian tadi banyak yang engage bisa jadi Instagram memberikan sebaran yang lebih luas lagi melebihi 10% kepada follower lainnya. Bahkan apabila banyak interaksi setelah posting, bisa jadi masuk ke explore Instagram lho.

Tipsnya, pastikan ada interaksi yang intents baik like, comment and share secara terus menerus selama 15 menit awal.

Faktor Algoritma Instagram

Nah, ada banyak faktor yang mempengaruhi postinganmu dapat muncul banyak atau tidak di beranda pengikutmu, antara lain sebagai berikut.

A. Interaksi

Interaksi disini adalah bagaimana pengikutmu merasakan pengalaman yang baik ketika berinteraksi denganmu. Misalnya, apabila ada yang komentar ya dibalas dengan cepat (responsif) sehingga kecepatan ini yang akan dianggap Instagram dapat memuaskan si yang komentar tadi.

Interkasi dalam Instagram


Ini juga yang bisa mempercepat orang semakin tertarik. Kalian sadar gak sih? kadang orang lebih tertarik apa komentar orang-orang daripada kontennya sendiri?

Pasti yang sering mah nimbrung dan ikut debat didalamnya ya? yaps, itulah yang membuat suatu postingan bisa masuk explore dan viral karena banyak sekali interaksi (comment and reply) secara natural.

Kedua, misalnya ada yang DM maka sebaiknya sesegera mungkin dibalas. Jangan sampai karena tidak dibalas di DM dan malah komentar buruk di kolom komentar. Akhirnya akun kalian bisa dinilai sebagai sampah.

Jika ada yang komentar dan malah diam saja? bisa jadi akun kalianitu dianggap sebagai BOT. Kan malah gimana ya hehe.

B. Niche

Faktor kedua adalah masalah interest seseorang. Biasanya sih kita kalau ada postingan yang lewat ternyata kata-kata yang menyentuk hati pasti kita like dan kadang malah sampe masuknya dalam hati kita simpan juga tuh. 

Dilain sisi, ketika ada postingan diberanda ternyata foto temen yang berdua dengan mantan kita kita malah males dan cuma scroll aja kebawah cepet-cepet biar tenggelam, ya kan.

Begitupun sistem Instagram memahami seseorang (akun). Jika kalian ingin menyasar pada orang-orang yang suka dengan fotografi, maka konsistenlah terus untuk mengunggah hal tentang fotografi (baik hasil foto, tips fotografi, ataupun lainnya).

Kalau asal-asalan unggah ya pasti random banget yang like dan juga kalian tidak bisa memaksimalkan 10% tadi.

Bangun niche kalian dan disukai oleh orang.

C. Timeliness 

Intinya adalah tentang penggunaan waktu posting yang pas dan juga bagaimana orang lebih lama melihat postingan kalian. Makanya sering kali yang muncul di Instagram itu konten video karena pasti orang akan melihat dalam rentang waktu 30-60 detik. Apalagi kalau konten IGTV 5 menitan, pasti banyak yang lihat dan viral.

Seperti halnya mesin pencari (google atau bing), yang paling ditekankan adalah tentang pengalaman pengguna dan benefit yang diterima pembaca.

Cara Supaya Postingan IG Muncul Beranda Pengikut (Teman)

Membuat Konten Instagram yang Baik dan Benar untuk Marketing


1. Posting Konten Konsiten

Konsisten untuk mengunggah konten baik foto ataupun video di feed Instagram. Apakah konsisten itu harus tiap hari? atau bahkan 2 kali sehari dah kayak minum obat aja?

Jawabannya adalah tergantung. Apabila memang kalian sebagai influencer atau mungkin selebgram gak masalah tiap pagi dan mau bobok terus posting (biar terngiang-ngiang di mimpi hehe). Namun, apabila dengan terlalu sering kok performa menurun dan kalian bakal kehabisan ide? posting saja 2 hari sekali.

2. Aktivasi Instagram Story

Selain aktif di feed, sebenarnya orang malah suka untuk berinteraksi di story lho. Bahkan Indonesia merupakan negara dengan pengguna aktif di story teraktif di dunia. Jadi, bisa manfaatkan question (QnA), Quiz, dan lainnya supaya selalu aktif.

Maksimal 5 story tiap hari (atur jamnya).

3. Baca Insights

Kamu sering buka Instagram pukul berapa biasanya? waktu istirahat siang (12.00 - 13.00) atau mungkin habis magrib (18.30 - 19.30)?

Yaps, postinglah disaat follower kalian banyak aktif. Bagaimana bisa tau? baca insight (buat akun bisnis dulu ya jangan personal).

4. Informatif dan Saveable

Buatlah konten yang informatif dan pembaca merasa teredukasi ataupun terhibur (seperti awreceh atau dagelan). Selain itu, arahkan pembaca untuk melalukan simpan postingan ya. Semakin banyak yang menyimpan artinya instagram menganggap postingan kalian bermanfaat dalam waktu lama.

5. Tagar

Gunakan tagar yang relevan dan maksimal 10 saja di caption (supaya tidak spam dan penuh tagar). Jika ingin menambahkan, silakan tambahkan di kolom komentar.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Cara Supaya Postingan Instagram Sering Muncul di Beranda"