Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

About Cakyus

Media belajar menulis dan digital marketing seperti SEO dan Social Media Management

Menggunakan Sosial Media Untuk Bisnis Online 2021

  

Sosial Media untuk Bisnis online 2020

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara menggunakan dan memilih sosial media untuk bisnis online 2021 secara bijak dan dapat meningkatkan penjualan.

Tahun semakin bertambah dan trend di dunia bisnis juga akan mengikuti perubahan zaman. Nah, salah satunya adalah trend dalam hal memasarkan produknya kepada konsumen juga mulai bergeser pada tahun 2020 ini ke dalam bentuk digital seperti sosial media marketing. Apalagi ditambah dengan adanya pademi yang mengharuskan orang untuk mengurangi keluar rumah tetapi kebutuhan sehari-hari harus terpenuhi.


Apa itu sosial media

Sosial media merupakan tools atau alat yang diciptakan untuk memudahkan orang untuk saling berinteraksi bahkan kepada orang-orang yang belum dikenal sekalipun. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh seorang pebisnis untuk menggunakan sosial media sebagai sarana digital marketing pada produknya baik jasa maupun barang.

Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Mengenalkan produk kita

Fungsi pertama dari sosial media bagi orang yang berbisnis adalah bagaimana sosial media ini sebagai jalan untuk mengenalkan produk-produk yang kita jual. Selain hanya mengenalkan nama-nama kita juga dapat memberikan informasi apa saja kelebihan dari produk kita sehingga mereka mau membeli produk.

Branding

Manfaat sosial media untuk bisnis selanjutnya adalah sebagai cara membranding produk paling cepat. Kalian pasti kenal yang namanya produk  AQUA. Nah mereka sudah baik dan sangat bangus membuat brandingnya bahwa air mineral itu ya AQUA, walupun banyak produk lain yang sama. 

Nah, dengan sosial media, kita bisa lebih mudah dan tepatnya adalah lebih cepat melakukan branding. Sebenarnya sih branding sendiri merupakan bagaimana pandangan orang terhadap produk kita, seperti orang bilang air mineral itu ya Aqua. 

Karena proses untuk itu yang dilakukan oleh AQUA sangat lama dan sudah ada sejak dulu juga, maka cara tercepat adalah bagaimana kita membranding diri sendiri dan secara tidak langsung orang lain itu menganggap produk kita ya sesuai apa yang kita tulis atau informasikan lewat sosial media. Lama kelamaan orang akan paham dan mengenal produk kita karena kita selalu membranding diri di sosial media.

Memperluas Jaringan dan Jangkauan

Manfaat selanjutnya dari sosial media adalah akan memperluas jaringan kita bahkan jangkauan yang awalnya apabila dilakukan secara konvensional memerlukan tenaga yang banyak (survei) atau membutuhkan biaya yang besar (iklan konvensional), maka dengan sosial media kita bisa mengembangkan jangkauan secara GRATIS dan cepat serta akurat sesuai dengan sasaran segmen kita.

Promosi Gratis

Biasanya kegiatan promosi produk mengeluarkan banyak biaya ya, nah dengan adanya sosial media ini maka bisnis kita dapat dikenalkan oleh orang lain secara gratis. Hal ini bisa diartikan sebagai testimoni atau rekomendasi teman.

Ingat, bahwa orang lebih percaya kepada omongan temannya yang sudah melakukan pembelian atau merasakan kenyamaman transaksi. Nah, dengan rekomendasi mulut ke mulut inilah penjualan kalian akan naik bahkan bisa jadi brand kalian bakal menjadi dikenal banyak orang lho.

Menjaga Kepuasan Konsumen

Pernah kebingungan tentang suatu produk dan bingung mau cari informasinya dimana? atau mungkin mau komplain masalah yang dihadapi selama transaksi dan ingin cepat? 

Nah, salah satu untuk meningkatkan kepuasan konsumen adalah selalu aktif dan responsif dalam menanggapi masalah dan pertanyaan oleh konsumen baik di kolom komentar maupun di DM (pesan). Semakin responsif dan tuntas dalam menjawab pertanyaan yang masuk, maka konsumen merasa lebih diperhatikan dan dijadikan prioritas (raja) oleh penjual.

Menambah Pengunjung Website atau Blog

Buat kalian yang mungkin proses pembeliannya di website masing-masing atau memiliki portofolio, maka akan semakin meningkatkan pengunjung di website maupun blog kalian. Bagi yang penjualannya melalui market place, maka sosial media sangat bagus sebagai perantara calon konsumen untuk menuju toko kita di market place dan orang akan tau ingin membeli apa sesuai yang diinformasikan melalui postingan di sosial media kita.

Sosial Media yang Bisa Digunakan

Diluar sana sangat banyak sekali sosial media yang dicipatkan oleh developer untuk memenuhi hasrat dan kebutuhan orang dalam bersosialisasi. Sosial media untuk bisnis yang paling banyak dimanfaatkan dan populer antara lain Facebook, Instagram, Whatsapp, twitter, Youtube dan lainnya.

Cara Menentukan Sosial Media Yang Digunakan

Cara efektif memilih sosial media yang tepat untuk bisnis kita

Masalahnya memang muncul yaitu saking banyaknya sosial media yang ada, sebaiknya kita memilih fokus kepada semua sosial media atau hanya beberapa sosial media yang memiliki potensial saja. Bagi mereka yang punya dana dan modal yang besar mungkin tidak masalah bagi mereka tetapi bagi yang baru merintis bisnis pasti perlu pertimbangan.

Oleh karena itu, bisa memakai langkah-langkah berikut untuk menentukan sosial media mana yang baik digunakan dan juga supaya tidak boncos dalam mengurus sosial media marketing.

1. Brainstorming

Silakan bentuk tim kecil ya tim digital marekting, apabila tidak ada bisa dari marketing sendiri. Nah tim kecil ini melakukan diskusi dan melakukan perencanaan untuk semua sosial media yang ada.  Hal yang dilakukan pertama adalah list semua sosial media yang populer dan bisa jadi pangsa pasar kita nanti.

Setelah membuat daftar sosial media untuk bisnis kita, silakan pikirkan konten yang cocok untuk masing-masing platform. Misalkan nih, seperti instagram maka hal yang menonjol adalah konten visual seperti desain, foto ataupun video.

2. Prioritas

Lakukan prioritas mana sosial media yang akan dieksekusi dahulu dan mana yang agak butuh lama. Nah prioritas ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu sosial media yang butuh penyiapan lama dan sosial media yang butuh penyiapan cepat.

Misalnya, seperti pada youtube yang membutuhkan proses yang lama untuk membuat video, menyiapkan script, dan juga apa yang akan dibahas. Sedangkan yang cepat itu seperti pada instagram dan facebook yang paling cuma butuh gambar, foto atau desain dikombinasi dengan caption (copywriting) yang bagus.

3. Testing

Silakan lakukan testing kepada semua sosial media yang telah dipilih. Misalkan yang akan digunakan adalah Facebook, Instagram dan Youtube saja. Nanti dibuat konten yang sesuai dengan tipe masing-masing tempat. Instagram biasanya lebih ke anak-anak muda sehingga perlu visualisasi dan story yang baik sedangkan facebook biasanya lebih main di grup-grup dan orang-orang yang menggunakan lebih kepada orang-orang lebih tua atau memiliki lingkungan (forum) khusus di Grup Facebook.

4. Fokus

Setelah menilai perkembangan dari testing bisa dalam periode tertentu (1-3 bulan) maka pilihlah yang akan kalian fokuskan dan sesuai dengan audiens. Jangan sampai membuang-buang banyak dana padahal disana tidak ada ada pangsa pasarnya.

Tips Mengelola Sosial Media dalam Bisnis

Membuat Tim Digital Marketing yang Baik Cakyus

1. Bentuk Tim Khusus

Hal pertama adalah membuat tim kerja yang akan mengurusi khsusu dalam digital marketing khususnya untuk mengurusi Sosial Media. Tim ini harus mengetahui visi misi perusahaan dan mengenal sangat dalam tentang produk yang akan dijual (baik jasa maupun barang).

2. Tentukan Tujuan yang sama (strategis)

Setelah terbentuk tim yang baik, kemudian membuat rencana dan rancangan strategis yang akan dibuat apalagi masalah konten. Mulai dari perkenalan, launching produk, dan lainnya. Karena kalau tidak ada rencana startegis, maka konten juga tidak akan terarah terlebih lagi bisa jadi tidak punya story dan alur.

3. Penjadwalan Konten

Gunakan penjadwalan konten minimal konten untuk seminggu kedepan sudah siap seminggu sebelumnya sehingga tidak akan kehabisan konten dan juga ketika sudah kebingungan masih ada banyak waktu untuk explore lebih.
Penjawalan konten ini juga terkait dengan dengan waktu-waktu tertentu untuk mengadakan acara khusus seperti ulang tahun, tahun baru, akhir bulan atau hari belanja nasional seperti 11.11, dan masih banyak lagi.

4. Mendengarkan Konsumen

Sosial media adalah tempat untuk saling komunikasi dua arah walaupun sarananya via online. Jika ada yang komentar maka dibalas dengan baik. Apabila ada saran dan kritik malah jadi salah satu masukan bagi RnD untuk mengembangkan produknya dan layanananya serta bagi sosial media marketing bisa membuat rencana A B C dst.

5. Follow Up

Jangan lupa follow up ya konsumen yang sudah tanya-tanya dan berpotensi untuk bisa mencapai closing.

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a Comment for "Menggunakan Sosial Media Untuk Bisnis Online 2021"