Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Inbound dan Outbound Marketing 2020

Dalam memasarkan sebuah produk baik barang atau jasa kita kepada calon konsumen, ada banyak cara yang bisa dilakukan yang beranekaragam yang semuanya sekarang sudah digital. Dalam pemasaran ini apalagi di dunia digital ya khususnya, ada yang dinamakan dengan inbound marekting dan outbound marketing. Apa sih pengertian dan perbedaan masing-masing?

perbedaan inbound marketing dan outbound marketing
Ilustrasi dari workhorsemkt.com


What is outbound marketing

Outbound marketing dikenal juga dengan pemasaran secara konvensional. Jadi, outbound marketing adalah cara pemasaran yang mengedepankan pada menjual diri (produk atau jasa) kepada konsumen yang berlebihan atau terlalu. Kemudian, mudahnya lagi yaitu ini seperti copywriting dan dibantu dengan iklan (advertising). 

Jadi secara tidak langsung, pemasaran kepada konsumen dimana konsumen terpaksa harus melihat atau menikmatinya.

Kekurangannya adalah apabila ini dilakukan secara sering dan berlebihan, maka  konsumen malah menjadi jenuh dan abai terhadap apa yang diiklankan itu sendiri serta mendorong/memaksa konsumen untuk membeli (push system).

Contoh Outbound Marketing

Contoh dari outbound marketing ini seperti email marketing, FB Google & Intagram Ads (SEM), Iklan di Televisi Radio dan Koran, bahkan seperti mencetak banner poster dan lainnya.

What is inbound marketing

Sedangkan yang dimaksud dengan inbound marketing adalah pemasaran secara modern dalam artian penyampaian halus dan memberikan edukasi kepada produk atau jasa kita. Mudahnya sih apa yang dimaksud dengan content marketing. Jadi seseorang akan membeli produk kita atau minimal kepo dengan produk kita karena mereka tertarik dahulu tidak langsung diberikan secara terpaksa. 

definisi inbound marketing dan outbound marketing

Pada praktikkan kita merasa risih dengan adanya iklan-iklan lewat SMS atau email kan? ya karena kita dipaksa mengonsumsinya padahal kita tidak butuh itu. Berbeda dengan itu, inbound marketing memiliki titik fokus pada "keingingan dan kebutuhan konsumen". Jadi konsumen akan lebih terarah dengan konten produk kita dan akhirnya melakukan pembelian atau penggunaan jasa kita setelah melihat atau membaca konten yang kita bagikan.

Kelebihan : 

  1. Lebih terarah dan memiliki potensi pembelian yang lebih tinggi oleh konsumen serta biaya lebih relatif murah.
  2. Pelanggan yang loyal
  3. Menarik pembeli (pull system).

Contoh Inbound Marketing

Contoh mudah dari pemasaran tipe ini antara lain Search Engine Optimization (SEO), Sosial Media, Email marketing kepada yang berlanggan saja (newsletter), video edukasi, dan blogging.

Bagaimana sudah lebih mudah memahaminya kan? kalau masih bingung bisa komentar dibawah lho atau cari referensi lainnya untuk lebih bisa memahami banyak studi kasusnya. 
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Pengertian Inbound dan Outbound Marketing 2020"