Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap Cara Unduh Data Instagram 2020


Artikel ini membahas secara lengkap cara unduh (download) data instagram update september 2020 melalui smartphone (android atau IOS)

cakyus.com Instagram merilis fitur barunya yang mungkin tidak banyak diketahui yaitu unduh data instagram pribadi. Aplikasi untuk berbagai dan bahkan dianggap sebagai galeri foto dan video pendek itu kini menyediakan fasilitas unduhan data aktivitas pengguna.

Sebenarny, fitur ini sudah lama ada sejak 2018 lalu (tetapi dulu hanya bisa diakses melalui komputerr/ versi web) sekarang sudah bisa dilakukan memalui smartphone berbasis android dan iOS. 

Hal ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan dalam aturan perlindungan data di Uni Eropa, hukum privasi GDPR, yang akan mulai berlaku pada 25 Mei 2018. Ini adalah perubahan kebijakan kedua yang dilakukan Instagram dalam sebulan terakhir. 

Bagaimana cara mengunduh data instagram kita?

Tutorial Cara Unduh Data Instagram 2020

Perhatikan ilustrasi yang digunakan untuk memudahkan dalam panduan ya, semoga paham dan bermanfaat.


Pertama, silakan klik tanda garis tiga di pojok kanan atas pada aplikasi instagram kalian. Nah, setelah itu akan muncul tampilan seperti diatas (kiri) dan klik setting (pengaturan). 

Setelah selesai, akan muncul tampilan seperti gambar (kanan) dan klik menu "Security". Menu ini akan menambilkan beberapa hal salah satunya terkait akses data dan unduh data instagram nantinya seperti gambar dibawah ini.


Setelah klik security, silakan kalian scroll ke bawah sampai menemukan menu "Download data" dan silakan klik saja menu tersebut. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar diatas (kanan) dan isikan dengan email aktif kalian ya. Setelah yakin benar, klik Request Download.

Pastikan kalian menggunakan email aktif, karena link untuk unduh data instagram akan dikirim ke email kalian.

Proses untuk menunggu data yang siap di unduh membutuhkan waktu paling lama 48 jam ( 2 hari), jadi silakan update terus email kalian ya.


Terkahir, kalian akan menerima link download di email kalian, jika sudah klik saja dan akan muncul tampilan seperti diatas. Jumlah tergantung aktivitas instagram kalian. Jika tidak banyak, nanti data yang di unduh sedikit tidak sampai ber-part-part. 

Setelah 4 hari, link unduh data akan hilang dan kalian harus meminta ulang data jika ingin unduh lagi.


Cukup sekian, semoga bermanfaat ya. Komentar dan Bagikan jika bermanfaat. 

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Lengkap Cara Unduh Data Instagram 2020"