Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Postingan Masuk Muncul di Explore Pencarian Instagram 2020

Artikel ini membahas lengkap tentang cara agar terlihat di explore instagram terbaru 2020

Setiap orang pastinya ingin dirinya dikenal dan sangat pengen apa yang mereka unggah bisa dikenal dan mendapatkan reaksi banyak orang salah satunya via Instagram. Biasanya, hal ini sangat digunakan dalam instagram marekting bagi pelaku usaha yang mengenalkan brand atau produknya secara online.

Langsung saja ya tidak bertele-tele bagaimana sih supaya postingan kita muncul di Explore Instagram dimana hal ini mungkin banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang.

1. Ubah Akun Pribadi ke Akun Bisnis

Bagi kalian yang ingin mendapatkan engagement dari explore, silakan ubah dahulu akun kalian ke akun bisnis. Hal ini karena akun bisnis pastinya tujuan utama adalah untuk dikenal orang banyak sedangkan akun pribadi, instagram akan mengartikan bahwa akun kalian tidak boleh diketahui oleh banyak orang.

Banyak pilihan untuk akun bisnis, antara lain art, blogger, education, marketing, dan lainnya pilih yang sesuai dengan bisnis atau yang kalian geluti sekarang ini ya. Buat yang bingung bagaimana cara mengubahnya bisa dengan klik tanda pengaturan atau titik tiga di pojok kanan atas -> Switch to bussines account -> dan ikuti langkah selanjutnya


Nah disini biasanya anda akan disuruh menghubungkan ke halaman Fanpage FB anda, jika tidak punya silakan klik skip saja ya. Ikuti dan baca setiap langkahnya.

2. Lengkapi profil akun


Buat pertama adalah lengkapi profil secara lengkap dan tuntas serta meyakinkan pembaca dan pembeli.
  • Gunakan nama dan Username yang mudah diingat dan jangan pernah dirubah.
  • Gunakan foto profil yang jelas dan unik sesuai brand anda
  • Isi biodata secara lengkap terkait dengan, (1) Apa jualan/bisnis anda, (2) kelebihan, dan (3) kontak yang bisa dihubungi.
  • dll
Untuk lebih lengkap membahas bagaimana caranya, hal ini telah saya  bahas tuntas dan rangkum pada Cara Optimasi Profil dan Biodata Akun Instagram untuk Bisnis 2020

3. Membuat postingan yang menarik

Hal kedua adalah buatlah postingan yang menarik dan berbeda dari yang lainnya. Ingat, persaingan di Instagran semakin hari semakin besar dan ketat. Jika anda berjualan produk-produk pakaian dan fashion silakan menggunakan foto yang bagus dan bagi dengan format sRGB ya. Jangan lupa juga, pastikan dalam satu postingan ada beberapa slide foto supaya pembeli bisa semakin lama berinteraksi dengan postingan anda.

Semakin lama orang melihat postingan anda, maka instagram akan menilai bahwa postinganmu diperhatikan dan memiliki kemampuan yang baik serta dianggap bermanfaat. Hal inilah yang kadang banyak sekali yang masuk explore adalah konten video atau IGTV. Atau kalau postingan yang sifatnya beberapa slide karena berlama-lama disana sehingga nantinya postingan dapat terlihat di explore instagram.

Begitupun buat kalian yang kontenya sejenis microblog, pastikan desain menjadi salah satu hal utama yang menjadi daya tarik serta konten yang tidak terlalu berat tetapi isi pesannya dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens.

4. Postingan sesuai audiens target

Audiens, terkait dengan segmentasi dan targeting. Sebaiknya sebelum memulai bisnis dan membuka instagram untuk branding dan pemasaran, harus ditetapkan dulu siapa sih segmen yang disasar ini? apakah berdasarkan usia atau berdasarkan lokasi dan lainnya. 

Kedua adalah masalah target, yaitu hal yang lebih spesifik lagi dibandingkan dengan segmen. Segmen hanya membagi bagi beberapa lingkun supaya kita lebih bisa mau masuk pada segmen apa. Sedangkan pada target lebih ke detailnya. Misalnya targetnya adalah wania yang suka pakaian batik, dengan segmen umur remaja - dewasa (18 - 30 tahun).

Selain masalah peminat, nantinya juga berpengaruh pada kapan kita posting, kapan kita memulainya, dan konten apa yang sesuai dengan segmen yang kita kejar itu. Anak milenial? pasti lebih suka akun-akun yang fast respon, profil akun yang detail, serta interaksi di kolom komentar.

5. Posting pada Prime Time Indonesia

Nah hal yang paling penting adalah kita harus menyesuaikan waktu-waktu kapan kita posting. Coba saja kamu posting pukul 08.00 WIB dan satunya 18.00 WIB, saya yakin yang bakal banyak engagement-nya adalah yang diposting pukul 18.00 WIB.


Dilansir dari liputan6.com , waktu prime time masyarakat Indonesia pada umumnya adalah 09.00 Pagi, 17.00 sore sampai pukul 19.00 waktu setempat.

6. Interaksi selama 30 menit awal

Interaksi adalah hal kunci yang bisa saya sarankan. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam mengelola akun bisnis tentang pendidikan lebih tepatnya. Dimana saat 30 menit pertama itu, kita harus rajin-rajin melakukan share konten secara berkala, menjawab komentar secara cepat dan juga sebisa mungkin lakukan like komentar selama waktu 30 menit pertama.

Jika selama 30 menit pertama tersebut anda aktif membagikan konten dan juga membalas komentar yang ada, akan dipastikan engagement kalian akan naik dan mempunyai peluang besar untuk masuk explore.

Jika sudah masuk explore sekali saja, nanti pada jam-jam berikutnya mendapatkan engagement dari explore lebih besar lagi.

7. Hashtag atau Tagar

Gunakan tagar yang relevan saja sesuai postingan dan jangan berlebihan. Tagar yang baik dalam postingan adalah 3-4 tagar saja, jangan lebih dari itu nanti malah dianggap spam dan malah berdampak buruk pada akun anda.



Jika ingin menggunakan tagar tambahan silakan lakukan komentar saja di postingan tersebut dengan tagar supaya lebih aman ya.

8. Konten saveable

Artinya, buatlah konten yang kemungkinan orang untuk save atau menyimpan lebih besar. Jika banyak yang melakukan save artinya konten kalian sangat informatif, bermanfaat serta memiliki informasi jangka panjang. 



Konten yang banyak share dan like belum tentu masuk di explore, tetapi yang memiliki save banyak yang memiliki kemungkinan besar masuk di explore.

9. Konsisten dalam upload

Yaps, Konsisten. Lebih baik upload 2 hari sekali selama 1 bulan secara konsisten daripada 2 kali sehari tetapi hanya selama satu minggu saja. Pastikan saat membuat konten memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Jangan membuat konten 1 (satu) jam sebelum diposting, tetapi buatlah 1(satu) hari sebelum posting pasti akan lebih matang dan lebih siap.
  2. Analisis waktu-waktu yang baik untuk posting
  3. Buat slide pertama menarik karena seseorang akan ngeklik postingan dengan tampilan yang bagus dan menarik apalagi dibungkus dengan judul yang wow.
  4. Jangan membuat konten ketika tidak mood.

10. Menggunakan Kalimat CTA 

Kita harus menyematkan kata-kata CTA atau Call to Action dalam setiap postingan yang tujuannya supaya pembaca dapat tertarik dan mau berlangganan kepada anda (salah satunya dengan SAVE postingan dan Follow akun kalian).

Jika ingin mendalami masalah CTA, silakan baca penjelasan rinci saya di Fungsi dan Contoh CTA dalam Digital Marketing.

Terkahir adalah butuh waktu, tidak serta merta selama 1 bulan langsung bisa muncul di explore ya. Tapi saya butuh 3 bulan untuk bisa seperti itu. Jika pengen instan? pakai instagram ads, tetapi ya gak bertahan lama karena jika sudah habis iklan ya akan seperti semula.
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Cara Agar Postingan Masuk Muncul di Explore Pencarian Instagram 2020"