Social Distancing Sebagai Pecegahan Perluasan Infeksi Virus

Social Distancing atau dalam bahasa Indonesia adalah menjaga jarak dalam kegiatan sosial. Tujuan diadakan dan diterapkan program atau kebijakan ini adalah untuk mencegah atau menghambat penularan suatu penyakit kepada lingkungan sosial yang lebih luas lagi (dalam hal ini contohnya virus pandemi corona)


Sosial Distancing 

Kebijakan ini biasanya diambil oleh pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk melakukan atau mengunjungi tempat-tempat keramaian yang bertujuan untuk menghindari kontak langsung antar manusia yang sedang terpapar penyakit menular (virus).

Dilasir dari CNN Indonesia, Para ahli menyatakan praktik social distancing ini berhasil berdasarkan studi pada pandemi influenza Spanyol 1918.
Sebuah studi yang dirilis 2007 menyebutkan bahwa kota-kota di Spanyol yang mempraktekkan social distancing seperti melarang pertemuan di tempat publik hingga menutup sekolah, berhasil menekan tingkat kematian secara signifikan.

Praktik Social Distancing


Praktik yang bisa dilakukan  masyarakat antara lain sebagai berikut.
  1. Tidak mendatangi tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, food court, event besar yang dihadiri banyak orang, ruang publik, tempat pariwisata, dan lainnya.
  2. Batalkan beberapa perjalanan jauh yang melibatkan penumpang banyak.
  3. Tetap berada di tempat sekarang berada, supaya apabila terindikasi tidak menyebar ke lain wilayah sehingga dampaknya semakin luas.
  4. Bagi siswa dan mahasiswa dapat melakukan kegiatan belajar secara online yang difasilitasi oleh sekolah.
  5. Kurangi berkunjung atau rapat jika tidak sangat mendesak.
Praktik yang bisa dilakukan  pemerintah dan pemangku kepentingan antara lain sebagai berikut.
  1. Melakukan penyiagaan rumah sakit rujukan yang terdekat dan teravalidasi.
  2. Koordinasi antar pusat dan daerah.
  3. Menutup akses tempat-tempat keramaian dna hiburan.

Produktif Selama Social Distancing

Pastinya dengan adanya kebijakan ini, maka seseorang yang awalnya kerja mungkin libur sementara dan penghasilan kadang juga tidak seperti semula. Apalagi buat para freelancer ye kan. Nah berikut ini beberapa hal produktif yang bisa dilakukan selama penerapan social distancing.
    1. Berkebun. Bisa dilakukan dihalaman rumah sekaligus memperindah dan penghijauan. Bisa dengan menanam bunga, pohon, atau sayur-sayuran dengan beberapa metode seperti tambulampot, hidroponik, hidrogel, dll.
    2. Menulis. Menulis hal hal yang bermanfaat apalagi informasi terupdate supaya masyarakat tidak panik dan sadar akan kesehatan. Selain itu, bisa dengan menulis buku atau cerpen.
    3. Freelance. Bagi freelancer, apalagi desain grafis, editor, web, content writer, dll tidak pernah ada kata libur ya, hehe. Semoga mendapat manfaat dan nafkah untuk keluarga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Social Distancing Sebagai Pecegahan Perluasan Infeksi Virus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel