Etika dalam Berkirim Pesan dan e-Mail


Dalam berhubungan semakin majunya zaman dan modernisasi teknologi, maka pesan tidak hanya disampaikan dengan lisan saja secara langsung tetapi dipermudah dengan adanya fasilitas berikirim pesan dan surat via online.

Semakin kesini, perubahan paradigma ini membuat banyak orang juga sembarangan dalam berkirim pesan dan bahkan kehilangan akan pentingnya adab dan etika dalam berkomunikasi dan strata sosial yang ada (kesopanan).

Berikut ini, akan dibahas secara singkat dan padat bagaimana cara berikirim pesan yang beretika dan ini dapat diterepkan kepada semua orang baik dosen, guru, atasan, dll.

Etika Berkirim Pesan via SMS atau Aplikasi Chat



  • Perhatikan waktu berkirim pesan. Jangan ketika waktu liburan (sabtu minggu) karena itu waktu keluarga bagi sebagian orang serta waktu-waktu yang lazim tidak boleh diganggu.
  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar. Tidak harus baku juga, nanti malah jadinya kaku tetapi lebih kepada kata-kata yang sopan dan mudah dipahami.
  • Biasakan mulai dengan salam. Salam bisa berupa: selamat pagi, salam sesuai yang diajarkan pada kalian saja. Jangan tiba-tiba, " P P P P", ehehe punten-punten-punten.
  • Perkenalkan diri anda. Perkenalkan diri anda supaya yang baca dapat mengenali kalian mulai dari Nama, Jabatan (mhs, teknisi, dll). Tujuannya biar kalian juga bisa diposisikan dengan baik oleh orang yang kamu chat ketika dibalas dan tidak takut (dikira anda penipu kan susah).
  • Tuliskan isi pesan dan tujuan dengan padat dan jelas.
  • Permintaan maaf. Biasakan ini terutama siapa tau kita menggangu waktu mereka kerja atau yg lain serta menunjukkan kerendahan hati.
  • Akhiri dengan terimakasih

Etika Berkirim e-Mail
  • Pastikan Identitas Akun Anda. Identitas ini sederhana tetapi banyak dilupakan seperti, nama lengkap akun email dan foto profil diri sendiri (jangan kartun atau yang bukan diri anda).
  • Mengisi subjek (judul email) dengan benar. Subjek email ditulis singkat dan mempresentasikan tujuan isi email anda. Misalnya sebagai berikut.
Jika ingin mengirim proposal sponsor, "Proposal Sponsorship - Nama Kegiatan - Instansi yang kalian". Jika untuk lamaran bekerja menggunakan format yang sesuai diminta jika tidak ada bisa dengan : Job yang dilamar - Nama Lengkap Kalian - Isi (Lamaran dan CV). Contoh : PPIC - Yusuf Abdhul - Lamaran dan CV

  • Mengisi badan (isi) email yang lengkap singkat dan padat.  Hal yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut ini.
Bahasa baik dan benar - Buka dengan Salam - Mengenalkan diri (Nama, alamat, jabatan, dll) - Tujuan jelas dan singkat - Akhiri dengan salam penutup dan terimakasih.

  • Jika terdapat lampiran sebutkan secara jelas. Misalnya "Lampiran terdiri atas CV dan Surat lamaran dalam format PDF"
  • Membaca dan memerika sebelum dikirim. Apalagi anak zaman sekarang sukanya "typo". jika sering typo bisa jadi kalian dianggap tidak teliti karena abai terhadapat hal kecil. Hati-hati ya. 
Peringatan! jika berkirim pesan untuk lamaran pekerjaan atau resmi, jangan sekali-kali menggunakan fitur CC (mengirim kebanyak email). Cukup satu saja jika memang diminta baru silahkan ditambah. 
| Diolah dari Universitas Gadjah Mada dan gambar oleh Bukalapak.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Etika dalam Berkirim Pesan dan e-Mail"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel