Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kebiasaan yang Tidak Disadari Ternyata Negatif


Mungkin kita sering sekali suatu kebiasaan yang bagi kita tak menjadi masalah tetapi ternyata hal itu malah kita yang tidak menyadari ada hal yang negatif didalamnya.

“Suatu hal buruk yang dilakukan secara sering maka akan menjadi kebiasaan dan lumrah yang akan menjadi suatu kebenaran adat”

Apa saja nih kira-kira perilaku yang mungkin sering tidak kita sadari padahal niatnya baik tetapi malah menjadi hal yang negatif karena beberapa sebab.

1. Memeriksa smarphone ketika bicara

Kerap kali kita tak sengaja menghidupkan notifikasi yang ada di smartphone kita dengan memberikan nada dering atau getar. Memang baik adanya tetapi ketika saat bicara tatap muka atau kumpul cukup sesekali saja melihat HP kalian.

Karena secara tidak langsung hal ini dapat dikira bahwa yang diajak bicara tidak penting dan mementingkan yang ada dalam dunia maya (kurang menghormati). Jika dalam situasi yang sedang intim/penting usahakan jangan sering (terbiasa) membuka HP kalian ya kecuali memang sangat perlu misalkan selfie, update status saja habis itu diletakkan saja sampai selesai kegiatan pembicaraan.

Ingat walaupun itu pekerjaan, yang sibuk bukan kalian doang ya.

2. Multitasking saat rapat/kumpul

Multitasking adalah kemampuan yang tidak banyak dimiliki orang dan ini adalah suatu kelebihan yang sangat baik karena seseorang dapat mengerjakan beberapa hal pada waktu yang bersamaan.

Dilain sisi, jika tidak tepat menggunakannya akan berdampak negatif bagi kalian sendiri terutama seperti saat rapat, saat bicara khusus, atau yang lainnya. Pertama adalah kalian kurang menghargai orang lain yang berkepentingan dengan anda. Kedua, itu tanda kalian tidak bisa memanajemen waktu dengan baik.

Mengapa demikian? Sebaik-baiknya multitasking tetap saja dalam bekerja dan belajar dibutuhkan kefokusan yang lebih untuk mendapatkan hasil yang lebih baik serta akurat juga. Pekerjaan bukan satu-satunya, tetapi juga ada faktor sosial yang harus dihidupkan dalam diri seseorang.

3. Memasang notifikasi

Memasang notifikasi yang berlebihan. Cukup dengan satu saja misalkan alarm atau peringatan yang lain. Tanda kalian tepat waktu dan baik manajemennya adalah dicatat dan diingat bukan malah yang mengingatkan si smartphonya.

Apalagi kalau notifikasi tersebut berbunyi ketika sedang rapat/membahas hal yang sangat penting atau sedang fokus ? byarrrr

4. Masa lalu yang selalu diungkit-ungkit

Disini adalah terkait dengan pembicaraan dan pola pikir seseorang. Jangan sampai kita di dikte oleh masa lalu yang mungkin keras, tertutup, sak-klek, atau masa lalu dengan mantan yang indah dan susah move on sekarang.

Hal itu akan membuat kalian akan mudah pesimis sehingga susah nanti jika diajak untuk berkembang dan maju terutama dalam berfikir dan ide. Mungkin untuk pekerjaan rutin sih cocok karena yang dibutuhkan skill yang sama terus-menerus.

5. Tunggu (menunggu)

Menunggu hal-hal yang tidak pasti dan diluar perhitungan kita. Kita harus punya perencanaan yang baik supaya tidak terlalu leha-leha apabila disuruh menunggu padahal itu bisa membuang-buang waktu kalian secara tidak langsung. Mending rebahan liat twitter bisa dapat informasi terbaru kan (becanda).

Menunggu disini adalah kebiasaan saat rapat atau kumpul BEM, organisasi, HMJ, ,event, dll. yang kadang dijanjikan pukul 7 tetapi masih saja telat disuruh menunggu salah satu orang sampai 30 menit kemudian. Berlatih tepat waktu.

6. Berbicara dibelakang setelah rapat

Selalu terbuka dan berani mengungkapkan pendapat tanpa harus takut diserang balik. Kadang kita terlalu “iya-iya” saat forum tetapi dibelakang forum “tidak-tidak”.

Dikemudian hari malah mempengaruhi yang lain untuk tidak-tidak dengan asumsi-asumsi yang dia bangun padahal dia sendiri tidak mau bilang didepan umum. Biasakan mendengarkan jangan omong sendiri saat orang lain bicara sangat penting.

7. Menjawab Iya

Dewasalah, jika memang bisa ya dijawab bisa, jika tidak ya tidak. Jangan jadi orang yang selalu tidak enakan. Boleh, tetapi sekali dua kali saja karena itu manusiawi perasaan manusia.

Nah dengan memperhatikan beberapa hal diatas sebaiknya kita berani pada diri kita sendiri untuk mulai tepat waktu, perhatian, mengingat, menghargai orang lain. Hal lain juga jangan sok sibuk dan mengiyakan banyak kegiatan. Dipandangan orang baik (buat yang memanfaatkanmu) tetapi bagimu itu menyakitkan.

Mencoba berlatih dipandang sesuai dengan apa yang kamu punya dan bisa bukan sesuai apa yang kamu perlihatkan (citrakan) kepada orang lain.

| gambar pixabay | referensi : mebiso
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for " 7 Kebiasaan yang Tidak Disadari Ternyata Negatif "