Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biasakan Melakukan Kesantunan Sosial (Common Courtesy)


Setiap orang memiliki perannya masing-masing baik secara personal, keluarga dan lingkungan sekitar yang berpengaruh terhadap kehidupan orang lain (sosial).

Manusia pasti memiliki sifat yang tidak ingin kalah dengan orang lain dan keberadaannya minimal diakui secara sosial. Selain itu, tidak salah juga ketika manusia berangan-angan dan mengharapkan untuk mempunyai semuanya dalam kehidupan.

Akan tetapi nih, tidak ada manusia hebat dan sempurna dalam segala hal. Bahkan nih, ketika kita sudah mempunyai segala hal saja pasti tetap saja suatu saat kehilangan atau bahkan tidak berdaya akan apa yang kita punyai.

Contoh kecil saja, misalnya seseorang sudah bisa mempunyai sebuah sepeda motor. Bagi mereka sepeda motor tujuannya memang untuk berkendara misalnya jualan atau kebutuhan yang lain. Dilain sisi, kepunyaan disini bisa juga diartikan supaya kedepan tidak meminjam dan merepotkan orang lain.

Dari hal-hal kecil diatas seharusnya kita sadar bahwa kita ini makhluk sosial, sehingga dalam urusan yang berurusan orang lain sebisanya melakukan yang dinamakan Common Courtesy atau sebuah kesantunan sosial yang "Umum".

"Jika meminjam sepeda motor, bensinya di-full-in",
"Membayar hutang sebelum ditagih",
"Ketika diberi makanan, bantu cuciin di dapur",
"Menawarkan bantuan, sebelum diminta", 
"Bayarin parkir ketika sudah ditraktir dan dibonceng", dan masih banyak lagi.

Sebenarnya dengan menerapkan itu maka aktivitas sosial sangatlah diuntungkan dimana kedua belah pihak akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan. Secara tidak langsung, pasti sebenarnya hati kita sudah merasakan itu tetapi terkadang tertolak akibat kita terlalu mikir yang berlebihan. Akhirnya yang keluar cuma "ah cuma pakai motor 5km aja", dll.

Kita tak perlu menunggu pintar, tak menunggu kaya, dan tak menunggu yang lain untuk melakukan hal itu, tetapi hanya menggunakan batin, adab, dan saling membahagiakan.

Bukankah manusia hidup tujuannya untuk memberikan kabar gembira kepada lainnya(?)

Jangan sampai ketika kita sudah menginjak kata modern dan semuanya serba dunia maya kita lupa akan kehidupan nyata yang tidak hanya menyangkut masalah apa yang dilihat (di postingan, story, atau status) tetapi masalah hati-kehati juga demi keberlangsungan hidup yang sampai puluhan tahun kedepan.

| Gambar oleh harmonionline.net

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Biasakan Melakukan Kesantunan Sosial (Common Courtesy)"