Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Memperkecil Ukuran File PDF untuk Melamar Kerja


Melamar pekerjaan memang sangatlah merepotkan bagi sebagian orang khusunya untuk aturan“berkas”.
Ya gimana ya, kerja merupakan kebutuhan. Kalau nuruti tentang repotnya ya gak kerja-kerja pada akhirnya sedangkan kita juga butuh makan, traktir mantan, dll. Nah salah satu hal yang kadang membuat kita bingung adalah kita disuruh untuk melampirkan berkas pada email tetapi dengan syarat ukuran file “Maksimal 1mb” atau bahkan “200kb saja”.

Apasih tujuannya pihak perusahaan khusunya HRD meminta file dengan ukuran kecil tersebut. Usut punya usut ternyata memang setiap perusahaan hanya memiliki penyimpanan yang tidak cukup besar sedangkan para pelamar jumlahnya bisa sampai ribuah. Bisa dibayangkan jika satu orang unggah 10mb jika ada 1000 pendaftar sudah berapa GB yang habis untuk satu posisi lowongan pekerjaan saja.

Disini saya akan membagikan sedikit tips untuk sekirnya mengurangi ukuran file PDF yang akan dikirim ke HRD atau mungkin buat yang sedang melamar kuliah ya.


CV Sewajarnya saja.

CV yang kita kirimkan sebaiknya sewajarnya saja bukan masalah isinya tetapi jumlah halaman dan desain yang ada didalamnya ya. CV yang baik sih katanya hanya satu halaman saja untuk daftar kerja jangan lebih. Bedakan untuk keperluan corporate atau start-up.

Biasanya kalau untuk corporate isi dari CV yang penting sesuai dengan apa yang diminta oleh kualifikasi sedangkan untuk start-up atau bagian tertentu (RnD) maka perlu adanya desain yang menarik supaya terlihat kreatif.. Hal yang diingat seajarnya saja biar ukuran file tidak besar ya.

Ringkas

Nah biasanya kita tak sadar boros dalam melampirkan berkas. Misalnya kita disuruh melampirkan scan KTP, SIM, dan kartu-kartu lain yang diperlukan. Biasanya sih satu halaman pdf hanya diisi satu kartu saja. Cara meringkasnya adalah jika diperlukan misalnya ada 4 kartu maka jadikan satu dalam satu halaman saja.

Ini akan sangat-sangat menghemat ukuran. Dalam file jangan lupa dikasih nama : Nama – File apa saja yang ada dilamnya.

Cara Scan

Biasanya kita langsung saja scan seenaknya kan ya dengan mesin scanner. Nah, jangan asal ya. Pastikan saat scan menggunakan 200-300 dpi untuk pengaturan supaya ukuran tidak terlalu besar.

Memperkecil secara Offline.

Ketika sudah menerapkan langkah tadi maka bisa menggunakan aplikasi off-line untuk compress ukuran yaitu dengan beberapa aplikasi yang gratis berikut untuk diinstal dahulu. Disini saya akan memberi list saja tidak cara penggunaannya ya.
Aplikasi : Reduce PDF Size, Free PDF Compressor, ORPALIS PDF Reducer

Memperkecil secara online

Salah satu yang paling mudah dilakukan apalagi yang semuanya sudah serba online adalah dengan memperkecil size file pdf secara online. Banyak sekali laman web yang menyediakan fasilitas ini tetapi disini saya akan memberikan tips dengan salah satu penyedia saja ya.

Pertama silakan kunjungi web berikut : ilovepdf.com/compress_pdf . Web ini sebenarnya tidak hanya untuk mengecilkan ukuran saja tetapi bisa untuk convert file dari satu ekstensi ke ekstensi lain.

Setelah itu kemudian klik bagian “select file PDF” kemudian pilihlah file yang akan dikonversi ukurannya ya. Ingat file ini yang akan dikompres ukurannya ya bukan file cerita tentang mantan apalagi undangan nikahnya.

Setelah unggah file yang dipilih dan akan dikompress ada pilihan terkait dengan ukuran (level) hasil kompresi file. Jika memilih “extreme” maka ukuran akan sangat kecil bahkan yang awalnya 3 mb bisa jadi 100kb saja. Recommended biasanya yang hasilnya sering dan baik digunakan. Biasanya ini yang baik untuk CV dan foto-foto berkas.

Kemudian apabila memang melampirkan portofolio yang terkait dengan desain dan foto sehingga perlu hasil yang bagus maka pilihlah “less” karena disini akan dikonversi sedikit dan hasilnya akan tetap tertinggi. Jika sudah memutuskan pilihan silahkan untuk compress PDF.


Langkah terakhir adalah “unduh file PDF” setelah proses selesai. Hal yang perlu diingat adalah file tersimpan dengan nama baru dan format dari webnya. Untuk keperluan melamar pekerjaan atau pedaftaran lain (misalnya kuliah) silahkan ganti nama filenya. Minimal nama file diganti dengan : Nama – Jabatan yang didaftarkan – file apa yang ada didalamnya (misal Kartu Keluarga)





Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Tips dan Cara Memperkecil Ukuran File PDF untuk Melamar Kerja "