Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Bisnisku : Langkah Awal Bisnis, warung, dan UMKM Laris (Digital Marketing)


Euforia dan keinginan masyarakat khususnya pemuda sudah mulai bergeser yang dulunya hanya berkutat bahwa semua ingin jadi pejabat dan PNS.

Akan tetapi, sekarang ini sedikit bergeser dimana pemuda dan masyarakat sadar betapa besarnya keuntungan dan pendapatan yang diperoleh jika seseorang mau memulai dengan bisnis.

Banyak sekali sekarang muncul warung-warung dan UMKM baik makanan, fashion, ataupun jasa yang berkembang untuk memenuhi kebutuhan orang yang super sibuk, rabahan, dan wisatawan.

Bisa dilihat, semakin sibuknya atau bahkan karena saking besarnya kegiatan rebahan muncul jasa Ojol, pesan makanan online, dll. Selain itu, UMKM juga semakin banyak dan tak kalah menarik mereka sudah sangat berkembang dan kreatif dari segi pengolahan, kemasan, dan brandingnya.


Untuk itu, diperlukan perluasan pemasaran dan branding terhadap produk kita yang dijual secara online. Mengapa online?

Khusunya untuk makanan (bakso, ramen, dll) atau jasa (jahit, repasai laptop) pasti yang sudah punya smartphone melihat dulu ulasannya pada media sosial dan yang utama adalah mesin pencarian (google atau bing).

Salah satunya yang sangat-sangat membantu baik bagi konsumen untuk mencari lokasi yang terbaik dan terkomendasi serta bagi produsen untuk mengenalkan produknya adalah dengan Google Bisnisku.


Google Bisniku merupakan fitur gratis yang diberikan oleh Google untuk para penyedia jasa atau pemilik tempat (warung/UMK/dll) untuk menujukkan eksistensinya di dunia maya.

Untuk pendaftaran awal bisa langsung login ke Google Bisnisku SignUp dan isi data yang diperlukan dengan jujur dan benar. Setelah mengisi maka akan dikirim kode untuk verifikasi lokasi dari Google dan kode ini disubmit supaya lokasi dapat keluar di pencarian Google.

Berikut ini penyebab Google Bisnisku menjadi pilihan yang harus dipunyai oleh setiap tempat bisnis untuk Branding dan Marketing dengan fitur yang ditawarkan.

1) Rekomendasi dan Rating

Rekomendasi
Rekomendasi ini yang sangat sering digunakan oleh kita untuk mencari tempat makanan atau tujuan kita terdekat. Misalnya kalian mencari di Google dengan kata "Bakso Terdekat" dan lihatlah siapa saja yang muncul. Karena saya sedang di Yogyakarta maka tampilan akan seperti ini.

Disini kita akan mendapatkan rekomendasi beberapa tempat terdekat. Nah, kalau misalnya kita sudah daftar Google Bisnisku maka bisa jadi tempat makan atau tempat usaha kita dihalaman ini. Selain itu, jika kita misalnya mencari kata dengan sudah tau lokasinya "Makanan Pak Yoyok" maka sudah langsung tertuju.

Rating
Rating berupa bintang yang disediakan oleh pihak Google. rating ini didapatkan dari orang-oraang yang sedang mencari ataupun pernah berkunjung kesana. Semakin tinggi rating maka rekomendasi tempat kalian akan semakin diatas dan pertama. 

Bagaimana pelanggan gak langsung datang kan, ya?

2) Testimoni dan Review

setelah kita mengetahui dan memutuskan kepada beberapa tempat makanan, maka kita juga otomatis ingin tau dong bagaimana sih testimoni para pelanggan yang telah datang kesana. Dengan adanya fitur ini maka semakin banyak yang mereview tempat tersebut baik dan komentar disertai dengan foto maka semakin baik juga dipandangan para konsumen dan Google juga.


Misalnya saja ya, sobat tadi ingin pesan bakso. Nah, klik salah satu tempatnya maka akan muncul bagian seperti dibawah ini yaitu review pelanggan.  Disini diharapkan dengan adanya review maka pelanggan yang lain merasa aman dan tidak kawatir ditipu. Hehe.

3) Kontak dan Informasi Lokasi/Produk 

Nah ada  fitur unggulan yang menurut saya ini sangat membantu baik dari konsumen yang membutuhkan kemudahan serta kepercayaan serta bagi pengusaha untuk memberikan informasi dan meningkatkan awareness. 

Fitur lokasi. Kita akan langsung tau menggunakan Google maps lokasi yang sudah kita tentukan ingin didatangi. Disini juga disediakan kontak untuk bisa dihubungi atau dilacak. Selain itu, ada fitur foto dari tempat bisnis.

Hal yang paling penting dalam menggunakan Google Bisnisku dengan baik dan benar adalah :
  • Alamat Lengkap
  • Gunakan keterangan jelas dan spesifik "Makanan Padang", "Warung Bakso", "Produsen Yangko" dll.
  • No. handphone yang aktif (malah lebih bagus menggunakan Nomor dengan Whatsapp Business)
  • Alamat website jika punya. Jika tidak pakai alternatif lain seperti Facebook Page (FP) atau Instagram
  • Pasang foto yang jelas, baik, lengkap. Foto yang sangat baik dimasukkan : 1. Foto daftar menu atau produk yang dijual, foto kondisi ruangan, foto fasilitas (parkir/toilet) dan sistem pembayaran (jika bisa online atau kredit kan lebih memudahkan).
4) Trafik

Terkahir adalah fitur trafik, disini dari segi konsumen bisa melihat apakah tempat yang dikunjungi ramai atau tidak, sedang ramai kapan sehingga bisa mempersiapkan.

Bagi pebisnis, ini bisa menjadi salah satu cara untuk efisiensi dari segi waktu dan pekerja. Misalnya, sudah tau bahwa ketika pagi pelayan yang dikerjakan sedikit karena trafik rendah, dan ketika siang pelayan ditambah karena trafik tinggi, dst.

| Baca Juga : Cara Menulis (Copywriting) untuk Restoran atau Rumah Makan dalam Digital Marketing
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Google Bisnisku : Langkah Awal Bisnis, warung, dan UMKM Laris (Digital Marketing) "