Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Kepribadian Anda dengan Metode Big Five



Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang mengikuti tes kepribadian secara online. Misalnya seperti tes kepibadian dari Forest-mt dimana seseorang dengan memberikan masukan jawaban yang diminta pertanyaan maka akan muncul dikahir hasil kepribadian kita. 

Tes kepribadian ini jenisnya sangat banyak dan yang paling banyak kita kenal yaitu motede MBTI (Myers-Briggs type Indicator) yang mengelompokkan dalam 16 tipe kepribadian dan Big Five yang membagi dalam 5 tipe.


Membahas tes kepribadian sangat erat digunakan dalam seleksi rekruitmen pekerja baik di pemerintahan maupun di swasta atau dalam seleksi masuk sekolah dan perguruan tinggi.

Memang hal ini sangat penting karena bisa memberikan informasi atas seseorang dan dapat digunakan untuk penyesuaian yang ingin dicari oleh perusahaan pemberi beasiswa.


Akan tetapi, tes kepribadian secara ilmiah susah dan mahal untuk dilaksanakan. Oleh karena itu ada tes online dan gratis yang beredar. Salah satu metode yang sering digunakan dan bisa dikatakan valid biasanya berpedoman Big Five.

Dilansir dari laman Tirto.id, metode Big Five mengetahui kepribadian secara berkelanjutan dan terdiri dari 5 tipe antara lain :


Openness

Seseorang ditandai dengan kemauan orang untuk selalu mencoba hal-hal baru yang belum diketahui sebelumnya.

Conscientiousness

Orang yang selalu sadar akan yang dilakukannya serta mengitung konsekuensi atau tingkat risiko yang akan diperolehnya.

Extraversion

Kepercayaan seseorang pada aspek sosial misalnya seperti mudah bergaul, bicara, dan menonjol dalam komunitasnya.

Agreebleness

Sifat ini berdasarkan semudah apa seseorang untuk diajak dan bekerja sama dengan orang lain.

Neuroticism

Bagian ini lebih fokus pada aspek emosional seseoang . Biasanya yang memiliki skor tertinggi dibagian ini memiliki sifat yang khawatir dan terus gelisah karena memikirkan masalahnya yang baik dulu maupun sekarang dan berlebihan.



Tes kepribadian ada baik dan buruknya, akan tetapi tujuan utamanya adalah supaya kita bisa mengetahui diri sendiri yang kadang kita sendiri susah untuk menilai diri. Lebih baik lagi jika kita langsung bertanya pada orang terdekat kita seperti orang tua, keluarga, atau yang lainnya.
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Ciri Kepribadian Anda dengan Metode Big Five "