Teknik Visualisasi Data Presentasi atau Infografis



Visualisasi data merupakan salah satu hal yang sangat penting di dunia maya dan nyata. Sesuatu yang ingin disampaikan kepada audiens haruslah mudah dipahami dengan mudah apalagi tidak jauh dengan yang namanya hasil berupa data.

Dalam membagikan data atau menerangkan suatu hasil dapat berupa grafik, trend, diagram dan lainnya. Hal inilah yang dinamakan visualisasi data. Sebenarnya apa pentingnya visualisasi data itu?

Dilansir dari microsoft.com, hampir seluruh perusahaan saat ini memiliki data virtual yang tak terhingga. Informasi penting terus masuk dan keluar, dan setidaknya perusahaan tersebut pasti sadar akan hal ini. Akan tetapi, untuk memperoleh nilai darinya, harus ada cara untuk mengumpulkan sekaligus memahami data tersebut.

Bagaimana kemudian cara memvisualisasikan data, sedangkan tujuannya sangat besar yaitu untuk memahami dan mengambil keputusan dengan mudah tidak hanya sekadar melihat angka-angka saja.

a) Sesuaikan dengan Audiens


Tidak semua data yang ditampilkan sama setiap yang melihat. Kita harus menyesuaikan data tersebut yang ingin ditampilkan. Misalnya saja, data yang ditampilkan kepada bagian produksi berbeda dengan yang ditampilkan kepada marketing atau bahkan kepada konsumen. Walaupun data sangat banyak sekali.


b) Gunakan Chart yang tepat

Setiap diagram dan jenis grafik dalam powerpoint memiliki masing-masing fungsinya. Jangan sampai salah menggunakan karena akan susah untuk dipahami. Sesuaikan juga dengan variabel yang digunakan sehingga urgensinya dapat.

Saran : hindari penggunaan pie-chart, karena akan menyulitkan pembaca jika variabel banyak karena luasan yang terbatas. Salah satu solusinya adalah dengan bar-chart.

c) Tampilkan data yang penting

Data yang ditampilakan adalah data yang benar-benar prioritas saja misalnya hanya 3 variabel terbesar, sedangkan variabel lain yang kurang berpengaruh bisa dijadikan satu dan dimasukkan dalam (dll).

Selain itu, bisa gunakan sistem pareto yaitu 80:20, artinya gunakan akumulasi (total) variabel terbesarnya yang mencapai 80% sedangkan yang 20% lainnya dijadikan satu dalam (dll).




d) Hierarki

Selain itu, salah satu data yang ingin ditampilakn adalah berupa trend dalam periode singkat atau perbandingan jumlah responden. Tampilkan dalam hierarki yang tepat bisa dengan mulai yang tertinggi menurun atau sebalinya.


e) Desain

Hal lain yang menjadi penentu adalah desain penggunaan font, bentuk, tata letak sangat penting. Karena audiens lebih tertarik membaca dengan grafis yang ciamik juga.

Nah buat kalian yang ingin membuat presentasi yang bagus dan ciamik bisa langsung hubungi saya (menu kontak), nego-nego. hehe.

Sumber referensi :
Microsoft.com - Mengapa visualisasi data menjadi syarat untuk memahami kecerdasan bisnis [source]
Kumparan.com -  5 Teknik Visualisasi Data dalam Presentasi Powerpoint [source]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Visualisasi Data Presentasi atau Infografis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel