Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memanfaatkan Google Trends untuk Digital Marketing Gratis



CAKYUS.COM - Google Trends biasanya dipakai oleh media untuk membuat konten baik berita maupun artikel yang sesuai dengan permintaan yang sedang ada serta mudah dikenali (ramah) oleh mesin pencari.

Sering mengapa blog atau website kalian sepi dan pengunjung tidak naik-naik? Atau mungkin artikel anda tidak pernah masuk pada halaman pertama mesin pencari (Google) ?

Google Trends merupakan salah satu cara yang digunakan oleh content maupun copywriter untuk menulis sebuah artikel yang sedang banyak dicari dan bisa masuk di rank pertama mesin pencari. Bisa jadi masalah sepi-sepi saja di blog anda karena anda tidak memperhatikan beberapa hal salah satunya terkait Trends, Keyword (kata kunci) serta Judul.

Memanfaatkan fitur Google Trends untuk membidik pasar (Content Marketing) yang sesuai dan ramah terhadap Google serta gratis adalah sebagai berikut.


1) Membuka Google Trends


Cara membuka laman ini sangat mudah dengan cara mencari saja di Google dengan keyword “Google Trends” nanti akan ditujukan pada websitenya atau klik trends.google.com

Maka akan muncul tampilan awal, disana kalian bisa mengedit untuk beberapa hal terutama negara bidikan : Misal Indonesia (untuk target konten Indonesia)

2) Mengetahui Trends Kata Kunci


Setelah mengikuti langkah pertama, kemudian langsung ketikkan saja “kata kunci” yang ingin kalian cari. Misalnya ingin mengetahui tentang trend dari “Marketing” maka ketik saja dan langsung enter atau klik search.

Setelah itu jika ingin menambahkan beberapa dan membandingkan maka tekan icon (+ tambah Perbandingan) dan ketik misalnya “Sosial Media” dan “Branding”

Tampilan akan seperti pada gambar diatas ini. Dari tahap awal ini maka kita tau bahwa yang sedang banyak dikunjungi adalah kata kunci “Marketing bewarna Merah” dan stabil sehingga potensial.

Dibagian ini kalian juga bisa mengganti sesaui kebutuhan misalnya untuk pencarian Youtube atau berita saja maka pada bagian “Penelusuran Web” maka klik dan diganti sesuai keinginan.


3) Sebaran Kata Kunci (Keyword)


Sebaran kata kunci sangat berguna karena kita dapat menyesuaikan isi konten yang akan ditulis sehingga bisa tepat sasaran serta lengkap dan jelas. Disini sebaran kata kunci bisa hanya beberapa wilayah atau seluruh Indonesia tinggal sesuai kebutuhan.


4) Saran Kata Kunci


Dari gambar diatas juga dapat diketahui kata kunci yang paling sering dicari oleh kebanyakan orang sehingga sebaiknya memakai dan mengkombinasikan kata tersebut dalam artikel dan deskripsi supaya lebih ramah (SEO) dan mudah naik serta yang paling utama adalah tepat sasaran.


5) Apa yang lagi trending?


Nah salah satu fitur di Google Trends ini adalah kita diberikan informasi tentang informasi dan berita yang sedang Hitz baru-baru ini sekaligus perjalanan keywords tersebut beberapa bulan terakhir.



Memang banyak sekali penyedia layanan yang memberikan rekomendasi untuk keyword yang baik tetapi Google Trends tetap menjadi pilihan para Content Writer sebagai salah satu acuan karena memang mudah dipahami dan yang utama adalah Google Trends berintegrasi dengan Google Search sehingga informasi sangat relevan.

Selamat menulis konten yang edukatif dan jelas ya

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Memanfaatkan Google Trends untuk Digital Marketing Gratis"