Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dunia Bukan Hanya Tentang Perasaanmu Saja


Semakin dewasa semakin menghadapi tantangan-tantangan yang semakin hari semakin banyak variasinya bahkan datang secara tiba-tiba dari orang tersayang kita. Kadang semakin hari semakin banyak memikirkan banyak hal yang prioritasnya kurang bagi kehidupan kita.

Akan tetapi, ingatlah bahwa yang sedang menjalani hidup bukanlah kamu saja. Kamu hidup dan menjalani kehidupan sangatlah erat dengan yang namanya kemanusiaan dan diwujudkan dalam hal perasaan. Perasaan-perasaan ini yang kadang menghinggapi kita baik itu hal baik ataupun kurang mengenakkan bagi kita.

Terkadang kita tak sengaja mengatakan, "ah sorry lagi bad mood". Dengan alibinya mengatakan bahwa kata tersebut adalah salah satu "sebuah seni untuk bersikap bodo amat" tetapi ternyata sangat menusuk sakit.

Kata ini memang tak terlalu berat buat yang mengatakan tetapi bayangkan jika yang kamu ajak bicara tersebut adalah orang yang dekat denganmu dan yang sedang butuh kamu. Mungkin dia berfikir hanya kamu yang bisa menolongnya.

Dengan jawaban tersebut, kok terasa hidup cuma tentang perasaan dan masalahmu saja.

Hei . .
Hidup ini tak hanya mengikuti egomu saja,
Rasa ini juga tak hanya mengikuti mood-mu saja,
Janganlah seolah-olah yang sedang punya masalah kamu saja dan yang paling berat adalah masalah dirimu.
Janganlah yang merasa sendirian adalah dirimu sendiri


Cobalah kita berfikir balik pada diri kita sendiri, bagaimana jika kita yang mendapat perlakuan seperti itu sedangkan kita sedang butuh-butuhnya, sedangkan kita sangat dekat dengan orang tersebut.

Terkadang juga kita berfikiran aneh pada orang lain, "Apa-apa kamu lakukan sendiri, sok kuat saja". Padahal mungkin mereka tidak ingin sampai merepotkanmu dengan hal-hal yang mereka bisa lakukan sendiri. Mengapa kita tak tanya pada diri sendiri begini :

"Jangan pertanyakan orang lain kok melakukan apapun dengan diri sendiri, tapi tanyakan pada diri sendiri mengapa tak bisa melakukan apapun dengan sendiri"

Manusia hidup adalah untuk membawa kabar gembira kepada yang lainnya, memberikan rasa aman dan rasa nyaman kepada sesama, serta saling membantu jika diperlukan. Janganlah sakiti orang lain akibat masalahmu yang kamu buat-buat sendiri. 

| Sumber gambar : pixabay.com
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Dunia Bukan Hanya Tentang Perasaanmu Saja"