Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Copywriting untuk Restoran atau Makanan dalam Digital Marketing



Digital marketing merupakan salah satu cara memasarkan atau menjual produk baik jasa maupun barang melalui dunia maya yaitu digital. Pemasaran ini sekarang menjadi hal utama dan bisa dikatakan pertama dalam hal promosi produk.


Mengapa Digital Marketing menjadi hal penting untuk sekarang ini?


Jumlah Pengguna Internet Indonesia

Indonesia memiliki jumlah penduduk sekitar 250 juta orang, sangat-sangat besar dan sebagai dari mereka hampir 171 juta orang telah berkoneksi dengan internet. Bahkan berdasarkan penelitian juga masyarakat kita tidak hanya pengguna saja tetapi sangat aktif di dunia maya hampir 3 jam sehari.

Rekomendasi

Kedua adalah sifat dan karakteristik pengguna melakukan pencarian lokasi makanan atau rekomendasi makanan terdekat dan rating tertinggi melalui mesin pencari seperti Google, yang paling atas direkomendasikan biasanya lebih banyak dikunjungi oleh orang yang pertama kali mencari tempat makan. Apalagi kalau sedang diluar kota.

Murah Meriah

Nah, tidak seperti beriklan di televisi, radio, atau bahkan korang yang mahal untuk memasarkan dan minimal mengenalkan produk, dengan digital marketing biaya lebih sangat murah karena hanya membutuhkan “internet”, “website/sosial media”, dan “konten maupun copywriter”. Walaupun aja jasa dari Google Ads ataupun Facebook Ads, tanpa itu kita bisa optimasi sendiri kok di duni maya supaya menjadi teratas.

Bagaimana Trik Copywriter yang baik tentang marketing digital produk makanan.


Tujuan Utama dalam Konten

Hal pertama yang wajib diketahui adalah penulis harus mengetahui tentang tujuan utama masing-masing rumah makan dan visi mengapa produk tersebut diproduksi.

Misalnya, mengapa sih menghidangkan lele geprek?

Kemudian dijelaskan tentang makanan lele geprek tersebut apa dan jelaskan perbedaan geprek lele yang ada dengan geprek pada umumnya. Ingat! Penjelasan harus sangat singkat dan jelas, karena pelanggan bukan mencari tulisan tetapi mencari review makanan.

Foto Produk

Mempunyai dan menampilkan foto produk makanan yang dipunyai. Foto pun tidak sembarangan tetapi juga memiliki estetika, untuk tips ini dibahas nanti aja ya. Intinya harus memahami tentang “foto produk” yang memahami tentang background polos dan terang, komposisi warna, kelonggaran dan harmoni, serta bagian kosong dalam foto.

Informasi foto sebaiknya terdiri dari foto dari beberapa sudut pandang sehingga makanan dapat dibayangkan oleh konsumen dan memasukkan foto yang di unggah oleh konsumen. Mengapa? Karena ini juga salah satu review untuk produk anda dan meningkatkan kepercayaan konsumen yang ingin datang.

Kondisi Restoran/Rumah Makan

Tujuan dari penjelasan ini adalah tentang kepuasan konsumen tentang psikologi. Tidak semua konsumen menyukai tempat-tempat yang sangat ramai sehingga antri sangat lama.

Tipsnya adalah jelaskan tentang bagaimana kondisi ruangan, fasilitas seperti meja, kursi, tempat mencuci tangan, sistem pembayaran (online/cash), toliet, tempat ibadah, dan paling utama parkir yang luas.

Harga Makanan

Tak kalah penting ternyata ini menjadi pilihan orang akan datang atau tidak. Pernah gak sih kalian berfikir dua kali ketika mau datang ketempat makan yang desain interior baik, bersih, dan nyaman dari review tetapi tidak tau harga-harga makanan didalamanya? Yaps, bisa jadi gak jadi beli takut uang kurang karena hanya bawa uang pres.

Tipsnya adalah selalu memberikan keterangan harga masing-masing makanan minimal foto menu yang ditawarkan apa saja. Kemudian selalu update informasi harag berkala minimal setiap 1-3 bulan sekali supaya dapat dipercaya.


Itulah beberapa tips copywriter untuk makanan yang bisa diterapkan di beberapa platform. Copywriter tidak melulu di blog sendiri, tetapi bisa lebih baik dari itu yaitu membuat caption di Instagram, facebook page, review google bisnis di maps, ataupun melakukan review di beberapa blog kontributor seperti kompasiana.


Copy writer berbeda dengan content writer, karena tujuan copywriter untuk menjual atau mempengaruhi pembeli untuk membeli makanan dengan suka rela (willing to pay).

Sumber gambar : tribunnews.com
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Tips Copywriting untuk Restoran atau Makanan dalam Digital Marketing"