Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#Jumatan dan Tentang Hari Jumat



#Jumatan merupakan tulisan yang berisi tentang ringkasan khutbah jumat atau mungkin perjalan selama seminggu yang ada

Hari ini, jumatan dilaksanakan di semua wilayah di seluruh dunia dengan khusuk dan khidmat tak terkecuali di masjid yang ada dilingkungan tempat saya menimba ilmu. Kegiatan sholat jumat seperti biasa didahului oleh 2 khutbah yang dilakukan oleh khotib.

Pembahasan singkat tentang isi jumatan hari ini adalah membahas tentang betapa agungnya hari jumat dibandingkan dengan hari-hari atau bahkan hari raya yang lain. 

Hal pertama adalah terkait dengan arti jumat sendiri salah satunya berkumpul yang merupakan sebagai ajang dan konsolidasi/musyawarahnya umat islam selama semingg penuh. Konsolidasi ini untuk membagikan hal-hal baik dan memperkuat iman serta taqwa kita kepada Sang Kuasa.

Kedua, berbeda dengan hari lain yang katanya berdasarkan urutan angka seperti ahad (satu) sampai sabtu berasal dari kata sab'ah yang artinya tujuh, hari jumat harusnya urutan ke-6. Akan tetapi jumat istimewa artinya berkumpul.

Selain itu, di hari jumat kita disunahkan untuk mandi jumat bahkan boleh dilakukan sejak terbitnya fajar. Ketika melaksanakan sholat jumat disunahkan untuk memakai terbaik kita yang kita punyai dan suci. Kesucian ini bahkan dijelaskan bahwa sebaiknya dipersiapkan sejak kamis sore untuk dicuci.

Dalam riwayat hadist juga disebutkan bahwa jumat merupakan hajinya orang fakir.

Hadits mengenai Jumat sebagai hajinya orang-orang fakir diriwayatkan oleh al-Qadla’i dan ibnu Asakir dari Ibnu Abbas dengan redaksi (sumber online : nu.or.id) :


الجمعة حج الفقراء


“Jumat adalah hajinya orang-orang fakir.”

Betapa mulianya hari jumat yang masih bisa kita rasakan dan dapatkan karena diciptakannya langit dan bumi juga hari jumat serta akan datang hari kiamat juga hari jumat.

Pesan terkhir dalam khutbah tersebut adalah keutamaan membaca surat al-ikhlas, al falaq, dan an-nass masing-masing sebanyak 7x setelah sholat jumat dan sebelum berbicara dengan orang lain kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosial seperti menyambangi orang sakit, silaturahim, dan mengunjungi takziah jenazah.


wallahul muwaffiq ila aqwamit-thariiq
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "#Jumatan dan Tentang Hari Jumat"