Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Konten Positif (Positive Content) ?



Cakyus.com - Apa itu atau pengertian konten postif (positive content)? Banyak sekali yang membahas ini karena berkembangnya media sosial dan internet disemua penjuru dunia. Konten positif (positive content) adalah portal berita, blog, web, sosial meda, maupun informasi lain yang berisi tentang edukasi, pengalaman baik, serta menginspirasi masyarakat (Kominfo, 2019)

Akhir-akhir ini memang dunia internet khususnya di Indonesia menunjukkan bahwa pengguna lebih banyak mengakses konten negatif daripada konten positif. Sehingga mindset dari masyarakat lebih pada ketakutan dan pesimistis daripada berani dan bangga akan negara ini.

Banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah harga smartphone dan internet murah, sehingga seseorang lebih mudah untuk mengakses dunia maya tersebut tanpa ada batas. Selain itu, masyarakat pada umumnya belum siap untuk menerima hal ini sehingga gelagapan perubahan tersebut.

Gelapan atas digitalisasi ini akibat terus masuknya persaingan ponsel pintar yang canggih dengan harga yang terjangkau ditambah lagi edukasi yang belum banyak sehingga malah disalah gunakan.

Jenis konten positif antara lain ebagai berikut. 


1. Konten inspiratif,
2. konten edukatif,
3. konten informatif, dan
4. konten menghibur.

Keemapt unsur tersebut harus masuk dalam konten postif sesuai porsinya. Dalam aplikasinya, konten positif bisa dikemas dalam beberapa hal, seperti : infografis, konten instagram dengan visual, podcast, youtube, ataupun dengan webinar/live sesuai dengan kompentsi masing-masing (EliteMarketer, 2019).

Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda yang merupakan harapan bangsa diharapkan untuk selalu mengedukasi tentang berita dan konten yang beredar supaya masyarakat tercerdaskan akan berita yang diperoleh dan mengetahui potensi-potensi diri, masyarakat, desa bahkan negara.

Rujukan :
Kominfo. 2019. Kominfo Targetkan Konten Postif. [kunjungi]
EliteMarketer. 2019. 9 jenis Konten Media Sosial. [kunjungi]
Sumber gambar : positivecontent.eu
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Apa itu Konten Positif (Positive Content) ?"