Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini, Waktu Lebih Produktif dan Tidak Mudah Ngantuk




cakyus.com Minggu malam kemarin saya melakukan sedikit survei tentang sedikit kesibukan yang pasti dilakukan orang apalagi para milenial. Mengapa demikian, karena kita tau sendiri bawasannya anak-anak sekarang lebih dekat dengan duni digital daripada dunia nyata.

Begitupun saya, yang biasa menggunakan sosial media seperti instagram dan twitter (yang mau mutualan boleh lho) baik untuk kebutuhan, kesenangan, ataupun hanya untuk melihat apa yang sedang ramai diperbincangkan.

Mungkin ini terjadi pada saya saja tidak pada kalian. Dimana penggunaan twitter untuk bercuit (berbacod) menjadi hal biasa dan akan menghabiskan banyak waktu karena menanggapi hal-hal sedang trend di dunia maya.

Tau tagar #GejayanMemanggil atau mungkin tagar-tagar lain yang tergerak karena penggunaan informasi yang manis ini? ya karena itulah dunia maya tak serta merta hanya untuk kesenangan saja tetapi juga untuk menyadarkan dan edukasi.

Setelah beberapa scroll timeline pada twitter terlintas kata-kata intinya seperti ini, "Saat saya berada di Bandara Yogayakarta, anak sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain smartphone, membuka sosmed, game online, padahal disana ada medi yang benar-benar nyata berupa buku bacaan di perpustakaan".

Hal inilah yang mungkin bisa menjadi latar belakang mengapa banyak yang mengeluh waktuku habis begitu saja walupun tidur sampai tengah malam (bahkan jam 2 malam baru tidur) tetapi banyak tugas-tugas penting lainnya belum terselesaikan.

Bagaimana sih kira-kira supaya lebih produktif? Ingatlah bahwa sesuatu yang instan tidak bertahan lama. Oleh karena itu, kalau mau mengurangi hal yang sudah biasa dilakukan sedikit demi sedikit jangan langsung drastis ya.

Berdasarkan survei mingguan yang saya lakukan di instastory ( @yusufabdhul ) menanyakan terkait dengan penggunaan smartphone yang berlebih. Apa aja hasilnya?

Membuka Media Sosial


Membuka sosial media memang menjadi rutinitas  ya kayaknya bahkan susah untuk dihapuskan. Bahkan berdasarkan survei penggunaan tersering untuk membuka instagram dan media chatting (line/WA). Hal inilah yang menunjukkan bahwa media sosial menjadi hal yang mungkin menghabiskan banyak waktu.

Bahkan menurut Digital Around The World 2019 [1], pengguna sosial media Indonesia dipenuhi oleh masyarakat dengan usia 18-34 tahun yang merupakan dimasa-masa remaja. Selain itu penggunaan sosial media masyarakat Indonesia rata-rata mencapai 3 jam 26 menit.

WOOW! betapa lamanya ya. Oleh karena itu tak salah juga banyak yang promosi dan menjual produknya melalui media sosial ini karena begitu menguntungkan. Bahkan dulu ramai juga akan ada iklan di story aplikasi pesan whatsapp

Mengurangi ? ya. Ayolah mengurangi penggunaan media sosial jika tidak bermanfaat. Dari hasil suvei menunjukkan bahwa sering penggunaan sosial media hanya untuk melihat timeline, melihat sotry mantan teman, bahkan hanya melihat chat grup mantan yang gak kunjung dibalas mungkin sudah mulai bosan sibuk.

Banyak kegiatan lain yang lebih produktif dengan media sosial, bagaimana ? pertama, bisa dengan mengunjungi akun-akun yang bersifat kompetisi, leadership, dan yang lebih membuat kita lebih kreatif dan kita secara tidak langsung juga belajar disana.

Kedua,  dengan membuat postingan/instastory yang bermanfaat bagi orang lain. Misalnya membuat infografis, share pengalaman atau edukasi menggunkan instastroy atau bahkan mengisi survei saya di isntagram biasanya.

Game dan Youtube


Nah ini, kalau ini bukan prioritas utama sih karena game dan yotube menurutku bukan hal yang terlalu sering digunakan. Biasanya game dan youtube hanya sebagai hiburan ketika udah suntuk dengan kesibukan sehari-hari atau bahkan dengan instastory mantan yang pamer pasangannya yang baru  yang pamer kegiatan sehari-hari.

Gunakan sewajarnya saja dan hanya untuk teman saat mengerjakan pekerjaan dan tugas-tugas lainnya. Karena anak muda sekarang berbeda dengan dahulu dimana tempat kerja dan suasana kerja harus nyaman dalam artian bebas tidak tegang dan spaneng serta tidak menggangu orang lain juga.

Nah bagaimana cara produktif dengan Game dan Youtube dengan membuat konten kreatif? manfaatkan youtube. Berikut rekomendasi konten dilansir dari idntimes.com [2]

1. Tutorial Membuat / wisata kuliner
2. Lakukan sesuai kesukaan (vlog keseharian)
3. Unboxing produk baru (biasanya yang banyak adalah review produk teknologi sih seperti HP, laptop, dll)
4. Travelling
5. Mainan untuk anak-anak
6. dan, parentting

Saran
Apabila ingin merubah suatu kebiasaan janganlah teralu ekstrim karena itu akan membuatmu lebih susah dan lebih lama. Kedua, selalu beri penghargaan pada diri kalian apabila sudah selesai melakukan sesuai sesuai tujuan (misal harus main game seharian, makan, dll) hal itu akan membuat lebih semangat lagi.

Jika ada kekurangan  silahkan komentar ya, siapa tau ada hal menarik lainnya dari kalian.

referensi :

[1] Berapa lama orang Indonesia main sosial media ? [kunjungi]
[2] 8 ide konten youtube buat kamu yang gak suka tampil di depan kamera [kunjungi]
[3] Semua gambar di pixabay.com
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Begini, Waktu Lebih Produktif dan Tidak Mudah Ngantuk"