Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SULAK | #1 - MASUK SEKOLAH




Sulak adalah nama lain “kemoceng” dalam bahasa jawa yang biasa digunakan orang untuk membersihkan kotoran dan siap sedia setiap saat. Namun sulak yang Karto punya kecil dan sudah buluk, kusam, serta semrawut.


Masuk Sekolah

"


Rumah semakin lama semakin tak ada yang merawatnya sejak kepergian ibu Karto yang merantau ke kota Surabaya, Kota dimana biasa tetanggaku mencari pekerjaan karena di desa pekerjaan buat orang yang gak punya lahan sendiri semakin berkurang. Bisa dikatakan lumayan dan bisa menyimpan uang jika mau bekerja di kota besar seperti Surabaya atau Gresik yang notabene sebagai kota Industri.

Karto dirumah ditemani sama Mbah Putri yang bernama Mbah Kasimen-sering dipanggil dengan Mbah Min-yang dulunya merupakan buruh macul disawah saat musim tanam padi sedang berlangsung.

Karto, anak SD yang berumur 10 tahun, sekarang duduk dibangku kelas 5 SD. Dia memang tidak seperti anak pada umumnya yang seharusnya dengan umur segitu masih kelas 4 SD. Sekolah Karto menerapkan peraturan bahwa masuk SD harus berumur 7 tahun akan tetapi Karto karena anaknya bisa dibilang bandel tetapi pintar dia ingin masuk SD ketika umurnya 6 tahun.

Semangat Karto untuk masuk sekolah ini karena pengaruh teman-teman satu dusunnya yang sudah sekolah dan masuk kelas satu SD tetapi karto tidak punya teman main karena Karto satu-satunya anak yang umurnya 6 tahun saat itu di dusunya.

Karto, cerdik, bisa mengikuti teman-teman yang lebih tua bahkan bisa masuk 5 besar selama kelas 1 sampai 3. Tetapi saat naik kelas 5 SD, dia hanya bisa masuk urutan 9 besar bukan karena dia tak bisa tetapi pemikirannya memang mulai terasah untuk ingin tau bukan ingin juara kelas.

Baca selanjutnya : Sulak | #2 - Papan Tulis

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "SULAK | #1 - MASUK SEKOLAH"