Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENYAMBUTAN PEMILU 2019 DAN RAMADAN SEBENTAR LAGI


PENYAMBUTAN PEMILU 2019 DAN RAMADHAN SEBENTAR LAGI - CAKYUS.COM


CAKYUS.COM - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bisa dikatakan sukses dan tidak sukses tergantung siapa yang memandang. Memang Pemilu tahun ini begitu ramai dan benar-benar terjadi Pesta Demokrasi dimana saling ikut serta dan memantau dalam pelaksanaannya. Oh iya Bulan Ramadhan sebentar lagi!

Selamat dulu buat penyelenggaraan pencoblosan Pemilu 2019 semoga hasilnya nanti dapat diterima dan saling bahu membahu antara rakyat dan pemerintah. Jika ada yang bermasalah silahkan urus dengan pihak yang berwenang karena saya tidak berwenang, hehe.

Oke, tak terasa juga disamping sorak-sorak dan kampanye dimana-diamana sangat ramai hal itu salah satu dari bagaimana cara menyambut datangnya Pesta Demokrasi yang diselenggarakan 5 tahun sekali. Banyak sekali baliho dan iklan di Instagram yang berkeliaran bahkan cuitan di twitter oleh para caleg dan timsesnya.

Saking ramainya dan begitu gembira mungkin ya, tak sadar ternyata iklan sirup sudah keluar dan menandakan bahwa sebentar lagi Bulan Ramadhan. Menurut kalian ada yang berbeda dengan tahun ini?

Ada sedikit perbedaan tapi mungkin banyak juga tergantung lagi siapa yang memandang. Ingat hanya memandang dan kita tak berhak menilai, hehe.

Tahun-tahun sebelumnya, penyambutan akan datangnya ramadhan begitu ramai dan mengubah suasana yang semula panas hatinya karena ditinggal dan jadian sama temen menjadi sejuk dan nuansa religinya dapet ditambah iklan sirup yang begitu segar.

Pembicaraan dikalangan remaja dan orang tua hampir sama yaitu membahasa tentang iklan, takjil, berbuka, sahur, bahkan rencana untuk membangunkan orang sahur padahal masih jam satu malam.

Berbeda dengan tahun yang katanya “pesta” tetapi kok kayaknya walaupun iklan sirup–yang memiliki episode cerita—itu keluar kok sepi-sepi amat ya. Dulu temen-temen yang ikut di rohis, takmir masjid, dan ahli-ahli ibadah sudah membagikan poster-poster tentang sholat terawih, jadwal kajian tiap sore dan kuliah subuh, serta yang paling utama adalah jadwal menu makanan buat berbuka puasa ngaji kitab dibeberapa pesantren.

Apakah euphoria ini dikalahkan dengan pemilu? Apakah urusan akhirat kalah dengan urusan dunia (kekuasaan)?

Biasanya pada Bulan Sya’ban atau orang jawa bilang Bulan Ruwah, orang-orang desa biasanya mulai membiasakan untuk berpuasa tujuannya untuk berlatih sebelum Ramadhan tiba nanti dan siap baik mental maupun fisik serta seriusnya menyambut Ramadhan dengan melatih kesabaran. Semoga aja tahun ini tetap sama ya tetap “sabar” dan dapat menahan “nafsu dunia” akibat pemilu 2019 yang habis berlangsung ini.

Kemudian, ada hal yang mungkin arang dibicarakan banyak orang terkait dengan sedekah di Bulan Ramadhan. Dulu saat ngaji di TPA, Mbah Kyai bilang bahwa barang siapa yang beramal di Bulan Ramadhan maka pahalanya dilipatgandakan sebanyak 700x.

Bagaimana dengan tahun yang gembira ini? Apakah kita sudah persiapkan itu? Hmm!

Jika kita memang menyiapkan dan bersungguh-sungguh di Bulan Penuh berkah ini seharusnya dan sebaiknya sudah menganggarkan sedikit rezeki kita untuk sodakoh seberapa besarnya. Jika hanya seadanya saja berarti tandanya belum siap menyambutnya.

Seperti halnya kau menyambut tamu special yang akan datang pasti akan dihidangkan makanan yang enak, bukan? Yang baik dan bahkan tak menghitung uang yang dikeluarkan, bukan?

Tamu saja disambut lho dengan pengenggaran dan keiklasan tetapi masa gara-gara pemilu uang hanya buat kampanye, serangan fajar, serangan senja bak anak indie, ataupun untuk mengadu domba di sosmed kalian tidak mempersiapkan diri untuk memberikan sodakoh terbaik kalian?

Apalagi nih sepertinya pengumuman Pemilu baik eksekutif maupun legislative akan diumukan tanggal 22 Mei yang bertepatan dengan Nuzulul Quran. Semoga tetap sabar, damai, dan mengedepankan persatuan.

Memang pemilu 2019 ini mengajarkan kita untuk tetap sabar dalam berkehendak, tetap rendah hati, tetap tawadu’, dan tetap dalam kebaikan. Masa iya kalo salah satu menang bakal konvoi di jalanan sambil pakai knalpot bedelan, “worrrr . . . wor ….. gas poll rem blongg”, atau bagi yang kalah bakal demo besar-besaran di Istana kepresidenan atau Istana Sarawati? Hmm

Ingat! Kalau bahagia jangan berlebihan dan kalau sedih jangan sampai marah, ya!

Yuk mana nih yang mau bagi jadwal takjil dan masjid mana saja? Otw cuss gan!
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "PENYAMBUTAN PEMILU 2019 DAN RAMADAN SEBENTAR LAGI"