Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oh ini, Alasan Seseorang Menghapus Foto Profil Sosial Media Mereka


Mengapa Sih Seseorang Menghapus atau Mengganti Foto Aaat Ada Masalah? - CAKYUS.COM


CAKYUS.COM – Terkadang masalah tidak bisa diselesaikan secara baik-baik dan hal itu adalah kewajaran karena bisa saja karena hal yang tak tau siapa yg dipersalahkan atau keduanya tidak mau dipersalahkan.

Kehidupan saat saya SMA dengan sekarang sangat berbeda sekali karena beberapa hal yang memang perkembangan zamanlah yang merubah itu segalanya. Dulu ketika SMA, berhubungan sesama manusia (bukan sama hewan apalagi semut) khususnya teman ya langsung saja datang kerumah tanya atau langsung ajak main keluar.

Kemudian derajat sedikit naik dengan mempunyai HP yang hanya bisa buat sms, telepon, dan facebook. Toh jaman dulu pake opera mini atau 0.facebook.com yang tak bisa load gambar. Tapi tetap hal itu adalah keasyikan seperti bermain twitter, dimana harus memahami setiap tulisan supaya tidak salah paham.

Teknologi semakin cepat (katanya) dengan munculnya android yang memunculkan berbagai fitur salah satunya adalah sosial media. Sosial media yang hitz pada masanya antara lain FB, Twitter (sekarang tambah hitz), BBM (eh sekarang dihapus gak bisa ping! Ping! Lagi), instagram, path (yahhh), dan pesan singkat Whatsapp yang tetap eksis walaupun sederhana.

Ada fasilitas namanya pengaturan profil dimana kita bisa mengatur mulai dari nama, foto, biografi, dan pengaturan lain. Suatu hal muncul dan pernah aku alamin yaitu ketika tiba-tiba seseorang tidak memasang foto proflnya bahkan foto profil wa kosong. 

Padahal ya foto profil kan penting untuk mengetahui siapa sih yang menghubungi kita, apalagi fotonya yang cantik, imut, dan pakai hijab merah maroon. Duhh.

Ternyata ada banyak hal yang melatar belakangi mengapa seseorang melakukan hapus foto atau ganti foto di sebagian atau semua akun sosial media mereka.

1. Pertama, karena alasan sedang sedih dan kesal. Sedih dan kesal memang susah dikendalikan tetapi cara yang paling ampuh adalah dengan mengganti foto profil. Dalam tingkatan ini biasanya hanya foto profil yang diganti dengan foto hitam putih saja. Apabila tingkat kekesalannya tinggi dan memang sifat orangnya yang tidak bisa mengontrol dirinya sendiri, maka bisa-bisa melakukan tindakan membuat foto profil kosong pada semua akun sosial medianya.

2. Kedua, karena tidak ingin dihubungi. Pada tahapan ini biasanya foto profil wa kosong. Hal ini bukan karena sok sibuk atau karena jual mahal. Ketika kita ada masalah pastilah ada keinginan yang namanya “rasa ingin memiliki sendiri” sehingga perlu waktu khusus (me time) untuk menyelesaikan masalah sebisa mungkin tanpa diketahui orang lain.

Masalah memang ada kalanya disimpan dan ada kalanya juga didiskusikan dengan orang tua, teman, sahabat, ataupun kekasihnya (bagi yang punya lho). Kalo single mah ya ngopi aja dikamar, merenung, menatap sawang laba-laba dipojokan kamar yang sedang menangkap mangsanya (nyamuk).

3. Ketiga, hanya sekedar nyindir. Menyindir orang yang bermasalah dengan kita. Ada fasilitas juga di WA misalnya, kita bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat foto kita. Nah lhoo…. (keknya pernah ngalamin).

4. Keempat dan paling tinggi derajatnya yaitu ingin mencari perhatian. Terkadang kita ganti foto misalnya jadi hitam putih, foto hitam saja, hapus foto, dan menghapus foto kenangan berasama mantan terindah di instagram. 

Jika tiba-tiba hal itu terjadi, pasti dalam benak kita sebenarnya ingin mengatakan sesuatu dan tidak ingin diungkapkan secara umum.

“Kamu ada apa? Gak papa kan? kok fotomu . . . . .”

“Eh kamu ada masalah apa? ….”

“Cerita aja sini gpp, siapa tau bisa deket. . .” 

""foto profil wa kosong, kamu ada apa?"

5. Diblock

Inilah hal paling fatal, ketika dirimu dianggap menggangu dan toxic bisa jadi nomor kontakmu diblock olehnya. Ciri-cirinya adalah foto profil kosong, last seen tidak terlihat, ketika kamu chat hanya centang satu terus. Selamat tinggal mantan, wkwk.

Itu adalah hal yang sangat normal dan bisa dilakukan oleh seorang cowok atau cewek. Sebenarnya bukan berarti kita ingin diperhatikan tetapi hanya butuh teman yang ingin diajak bicara saja (ciee kesepiannn). Jangan buat dia semakin sedih dan tanggapi saja sebisanya (ajak main, bawa ke angkringan hehe).

Selain foto yang dihapus ada juga dan sering sih kayaknya dilakukan semua orang tak terkecuali ‘kamu’. Menyindir seseorang melalui story baik instagram, wa atau facebook. Biasanya mengatur yang bisa melihat story siapa saja dan yang lainnya di hidden. Hehe

Beberapa cerita tadi berdasarkan survey yang @yusufabdhul lakukan melalui instastory yang hanya memiliki follower 700an dan following juga 700an. Hmm.
Jika dirasa tidak valid ya maaf dan komentar saja, jika dirasa valid banget seperti yang kalian alami yuk follow hehe.
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

2 comments for "Oh ini, Alasan Seseorang Menghapus Foto Profil Sosial Media Mereka"

  1. Misalnya nih. Misalnya ya. Doi bikin story nah secara samar itu storynya merujuk banget ke kita. Kitanya harus ambil sikap gimana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik diam saja dan gak usah di respon, wkwk. Kalo emang dia baik pasti kalau ada masalah langsung bilang. Minimal bilang ke teman2 terdekatnya sampai akhirnya kamu tau sendiri.

      Delete