Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

"LATAH" MELATIH YANG ABADI DALAM BATIN DIRI KITA



CAKYUS.COM – Kebiasaan latah adalah hal yang pasti dipunyai setiap orang dan terkadang lucu melihat kata-kata latah yang keluar dari ucapan seseorang.

Alam bawah sadar merupakan alam dimana kita tidak bisa mengendalikan apa yang sebenarnya akan kita lakukan dan ingin kita kehendak. Pemikiran dalam otak tidak ikut serta dalam menentukan alam bawah sadar.

Latah bisa juga sih dikategorikan salah satu yang dipengaruhi oleh alam bawah sadar. Pernah gak sih, kalian dikagetkan oleh seseorang? Apa yang kalian perbuat saat itu juga?

Latah level biasa sih biasanya pasti mengucapkan kata-kata yang muncul spontan dan tidak terkontrol sedangkan level tinggi bisa saja “smaput”- kondisi seseorang tidak sadarkan diri dalam Bahasa Jawa atau disebut juga pingsan- atau hanya sekadar lari terbirit-birit.

Pernah gak kalian perhatikan bahwa sebenarnya latah kalian itu adalah sebuah kebiasaan yang sering kalian lakukan secara rutin atau kalian dapatkan secara sering.

Contoh saja, ada teman saya yang kalau kaget karena kesandung bilang “Asu” atau “Bajilak”. Kalo latah tidak dialam bawah sadar pasti kemungkinan dia akan berfikir dahulu apalagi berjalan dengan temannya ya malu dong yang biasanya gak pernah “misuh” eh tiba-tiba misuh serta yang keluar dari mulutnya adalah kata-kata baik seperti “Innalillahi” atau “Astaga” dsb (ini kalo aku latah sih).

Nah, bagaimana ? jadi bisa saja latah ini karena kita sering mengucapkan kata-kata tersebut secara sering dan kadang kita sampai tak sadar mengapa kita bilang seperti itu. Selain sebab seringnya kita mengucapkan, terkadang kita juga terpapar dari luar.

Paparan luar ini berupa kata-kata yang sering kita dengar dari ucapan orang lain. Mungkin karena yang dibahas adalah masalah hewan-hewan jadi ya latahnya yang keluar seperti kata-kata Asu, Bajing (Tupai), Jangkrik, dsb. Memang pencinta satwa siapa tau memang mereka dari S1 Jurusan Biologi hehe.

Begitupun seperti latahku yang baik-baik pastinya, karena ya circle-ku adalah anak-anak yang rajin ngaji, kajian setiap sore, bahkan sampai bisa posting banyak tentang kata-kata motivasi itu jadi ya sering baca apa aja postingannya.

Apa yang kita lakukan secara rutin, berpola, dan penuh dengan ikhlas maka akan abadi dalam hati. Seperti kau rutin mencintainya sehingga kalau kau pusing, penat, dan bosan akan sesuatu, hal yang hanya ingin kau lakukan seketika dan spontan adalah memberi kabar tentangmu kepadanya (curhat)

 

 Jadi, yang sebenarnya harus kita asah adalah alam bawah sadar kita. Mengapa demikian? 


Dari contoh latah diatas saja, jika kita melatih dengan baik maka yang keluar juga yang baik-baik dan sebaliknya. Jika kita kaitkan dengan ibadah kita 5 waktu (muslim) yang dilakukan secara rutin dan pada waktu yang sudah pasti. Apa sih tujuannya?

Mungkin tujuan dari Tuhan adalah supaya kita terlatih alam bawah sadar dan hati kita dan tidak selalu mengedepankan Otak saja. Otak jika lupa harus berfikir dahulu untuk mengingat-ingat, sedangkan jika alam bawah sadar kita kelola dengan baik dengan kerutinan yang baik maka akan keluar juga kata-kata baik.

Dalam ibadah kita selalu menyebut Nama Alloh sebenarnya itu melatih alam bawah sadar kita supaya hati kita tetap ingat Alloh walaupun otak kita sedang lupa dan cara Alloh supaya manusia mengenal-Nya dan mencari jatidirnya sendiri.

Alam bawah kita itu kosong, isilah dengan yang baik supaya yang keluar juga baik, karena itu adalah kebiasaan dan keikhlasan. 

Apakah kalo kita beramal di panti atau orang kurang mampu piker-pikir dulu? Atau spontan memberi? Tergantung kebiasaan. Tak harus banyak tetapi hati dan alam bawah sadar pasti menggerakkan sesuai dengan kebiasaan yang kita bentuk.

Bagaimana kita bisa sayang sama orang yang kita kasih secara terus menerus? karena cinta itu berada dialam bawah sadar dan dari hati serta ada dorongan dari luar bahwa cinta itu nikmat, indah, ikhlas, serta mencapai kesempurnaan (yang masuk ke diri kita bahwa cinta itu benar dan baik)


Jika ada kritik, saran, atapun mau follow jug boleh hehe, follower masih dikit ( Instagram : @yusufabdhul )

Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for ""LATAH" MELATIH YANG ABADI DALAM BATIN DIRI KITA"