Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lean pada Aktivitas Laporan Praktikum atau Paper

Lean bisa diartikan sebagai suatu tindakan atau proses akivitas yang berkelanjutan yang berguna untuk mengurangi waste (limbah) yang ditimbulkan dan memberikan nilai tambah (value added) terhadap limbah yang dihasilkan.

Suatu hari, juragan pemborong panen padi sedang sakit. Si Pemborong ini akhirnya membuka lowongan untuk siapa saja yang mau menggantikannya sementara untuk beberapa hari memanen padi petani yang meminta jasanya.





Kemudian ada Si Az, dia siap untuk menggantikan Si Pemborong dan Si Az dibekali Clurit. Si Az semangat dan langsung pergi ke sawah untuk panen padi dan biasanya sehari umumnya bisa memanen 1/3 bagian sawah.

Sore hari Si Az laporan kepada Pemborong dan sudah menyelesaikan tugasnya memanen padi tinggal merontokkan padi saja dan itu bukan tugas Si Az lagi. Pemborong sangat terkejut dan memberi ucapan selamat dan bangga karena Si Az bisa menyelesaikan 1 bagian sawah dalam sehari.

Besoknya Si Az, pindah ke sawah petani lain dan laporan ke Pemborong dengan muka lesu, karena hanya bisa mengerjakan ½ bagian sawah saja sehari. Besoknya turun lagi tinggal ¼ bagian saja sehari.

Kemudian, pemborong menanyakan masalahnya kepada Si Az, mengapa bisa terjadi masalah tersebut? Si Az, juga bingung dan pasrah saja serta bilang “saya sudah sekuat tenaga mengerjakan, mungkin sudah lelah”.

Si pemborong menanyakan kepada Si Az, apakah Cluritnya sudah diasah? Ternyata jawabnnya belum. Si Az langsung mengasahnya dan besoknya bisa manen padi banyak lagi.

Hal inilah yang penting untuk diperhatikan adalah sebaiknya kita tidak fokus hanya satu pekerjaan saja. Bukankah yang lain juga penting seperti mengasah clurit tersebut.

Kita bisa lihat juga ini dalam masalah “Laporan Praktikum/Laprak dan Paper”. Kebanyakan mahasiswa terlalu sibuk mengerjakan laporan praktikum tepat waktu bahkan sampai lupa waktu sampai larut malam tiap harinya.

Suatu hari, mahasiswa ditanyain oleh dosennya tentang pengertian suatu hal dari suatu buku. Mahasiswa terdiam dan gak ada satupun yang mau menjawab. Ntah tidak tau atau tidak mau menjawab. Setelah ditelisik dan ditanyain lebih dalam tidak tau tentang konsep atau pengertian yang ditanyakan.

Kita kadang lupa akan membaca buku atupun materi pembelajaran yang sudah diberikan oleh dosen. Kita lupa karena kita fokus pada laprak saja. Bukankah membaca juga penting jika dibandingkan dengan laprak?

Kita lupa mengasah literasi kita dan fokus pada (pekerjaan) yang sudah pasti. Paling mudah yaitu membaca “berita terkini”. Masa kita tidak tau berita terkini tentang ekonomi, kebijakan, dan cerita-cerita novel/cerpen?

Lean, bisa digunakan dan diaplikasikan untuk memanfaatkan waste (waktu nganggur) untuk sejenak isirahat dan membaca literasi. Minimal berita hari ini di situs-situs berita. Kita sempat lho buka sosial media twitter, instagram, dan line tapi kita tak sempat semenitpun untuk membuka hal lain. Lebih-lebih mau membaca buku (bebas buku apapun itu bisa novel, cerita, mata pelajaran atau pengetahuan umum).

Saya pun belum sepenuhnya melaksanakan tersebut tetapi diusahakan. Membuat mie instan saja ada SOP runtutan dalam penyajian dibelakang kemasannya. Masa kita tidak ada penjadwalan terhadap diri kita? Gak harus ditulis tapi dilaksanakan.

Orang biasa - Yusuf Abdhul Azis
Mas Yusuf
Mas Yusuf Menyapa saya di : @yusufabdhul

Post a comment for "Lean pada Aktivitas Laporan Praktikum atau Paper"